Surganya Wisata Indonesia

24 Oleh Oleh Minuman Makanan Khas Lampung yang Wajib Dicicipi

0

Budaya asli dari masyarakat Lampung adalah kebiasaannya yang suka berkumpul antara satu keluarga dengan keluarga yang lainnya untuk sekedar bersilaturahmi. Hal inilah yang menjadikan masyarakat Lampung memiliki rasa kekeluargaan yang erat satu sama lain. Meskipun, secara kultural masyarakat Lampung ini memiliki dua jenis adat yang sedikit berbeda yang terbagi dalam Lampung Sai Batin dan Lampung Pepadun. Meskipun begitu, tetap saja kebiasaan senang berkumpul dan bersilaturahmi antar keluarga maupun tetangga masih sangat dijunjung tinggi oleh masyarakat penganut kedua jenis adat tadi. Dalam setiap acara perkumpulan, senantiasa masyarakat Lampung menghidangkan makanan-makanan khasnya, salah satunya adalah seruit. Berbicara tentang makanan khas Lampung, berikut kami sajikan ulasan mengenai beberapa jenis kuliner khas Lampung yang cukup terkenal :

Seruit

seruit_lampung
by Instagram @bakhtiar.ihsani

Makanan khas Lampung seruit ini sering dihidangkan saat perayaan hari besar ataupun hajatan keluarga. Bagi masyarakat Lampung pepadun, seruit merupakan makanan yang dikonsumsi sehari-hari. Makanan khas Lampung Barat ini terbuat dari ikan bakar dicampur dengan sambal terasi, tempoyak, dan ada pula yang menambahkan mangga. Ikan yang dipakai untuk membuat seruit beragam, mulai dari ikan balide, ikan layis, ikan baung, dan jenis ikan dari sungai besar lainnya. Seruit nikmat disantap dengan tambahan lalapan.

Tempoyak

tempoyak
by Instagram @si_rhys

Makanan khas daerah Lampung bernama tempoyak tersebut terbuat dari durian yang difermentasikan. Tempoyak ini sudah cukup terkenal bahkan sampai ke negeri tetangga, Malaysia. Cara membuat tempoyak cukuplah mudah. Pertama-tama siapkan daging durian kualitas super yang minim air dan sudah benar-benar matang. Pisahkan daging durian dengan bijinya lalu beri sedikit garam. Setelah itu, tambahkan cabe rawit sesuai selera agar fermentasi menjadi lebih cepat dan simpan di tempat tertutup bersuhu dingin atau masukkan ke dalam kulkas. Tunggu 2 sampai 5 hari kemudian tambahkan ikan teri atau ikan mas untuk kemudian dibuat sambal. Oh iya, jangan lupa beri tambahan bumbu bawang merah dan putih serta cabe halus yang dipotong kecil dan gula. Goreng sekitar tiga menit. Nah, sambal tempoyak siap disajikan.

Geguduh

geguduh
by Instagram @malanita7

Geguduh merupakan salah satu jenis kue khas Lampung yang terbuat dari pisang yang telah dihaluskan. Resep makanan khas lampung cukuplah mudah untuk dipraktikkan karena bahan yang diperlukan pun gampang diperoleh. Jenis pisang yang dipakai adalah pisang kepok. Pisang kepok yang telah dihaluskan tadi dicampur terlebih dulu dengan terigu, susu, dan selai kemudian aduk hingga merata. Setelah merata, bentuk sesuai keinginan lalu digoreng. Jadilah gegaduh khas Lampung.

Gulai Taboh

gulai_taboh
by Instagram @pesisirbarat_

Makanan khas provinsi lampung lainnya yang cukup terkenal adalah gulai taboh. Terbuat dari kacang serta umbi-umbian tentunya membuat masakan ini bercita rasa unik. Gulai taboh merupakan makanan olahan campuran antara kacang hijau dan kacang tanah, kentang, rebung, dan santan. Terkadang olahan tersebut masih ditambah dengan daun sirih ataupun terasi. Makanan khas ini sangat patut dicoba saat kamu berkunjung ke Lampung.

Umbu

umbu

Kalau kamu penyuka makanan pahit, kamu harus mencoba umbu. Umbu terbuat dari rotan muda yang direbus sampai lunak. Setelah itu rotan yang telah lunak diolah menjadi sayur oseng atau dinikmati sebagai lalapan. Sayangnya, umbu ini sekarang sudah sangat jarang ditemui karena makin sedikit masyarakat asli Lampung yang mengolahnya.

Engkak

engkak_ketan
by Instagram @miaharyanto

Makanan khas lampung timur ini mempunyai cita rasa manis. Engkak terbuat dari telur dan mentega sehingga bertekstur lembek. Untuk membuat seloyang engkak yang enak dan rasanya pas diperlukan ketelitian tinggi karena proses memasaknya harus dilakukan secara hati-hati. Engkak ini cocok disantap saat sarapan atau makan siang sebagai pengganti nasi.

Kunjungi :  38 Minuman dan Makanan Khas Riau Beserta Penjelasannya

Gabing

gabing_lampung
by Instagram @selampung

Gabing berbahan baku batang kelapa muda. Cara pembuatannya unik dan simpel. Pertama batang kelapa muda diiris hingga berbentuk lempengan kecil dengan panjang sekitar 3 sampai 4 cm. Batang kelapa muda tersebut kemudian direbus hingga lunak dan dicampur dengan bumbu rempah. Setelah tercium aroma yang kuat, maka gabing siap untuk dinikmati. Gabing biasa disajikan dengan daging, jamur, dan lauk lainnya.

Kue Lapis Legit

kue_lapis_legit
by Instagram @viaa0302

Kue lapis legit merupakan makanan khas Lampung yang terkenal. Kue yang bertekstur lembut dan bercita rasa manis ini biasa dijadikan cemilan santai ketika dirumah. Kue lapis legit juga sering disajikan pada acara hajatan. Jika kamu ingin mencicipi kue lapis legit, jangan khawatir karena hampir di setiap sudut kota Lampung menjual kue khas Lampung ini.

Bakso Soni

bakso_soni
by Instagram @edikusumawati

Mungkin bagi sebagian orang bakso adalah makanan yang biasa dan hampir bisa ditemui disetiap daerah. Namun, bakso yang satu ini berbeda. Bakso soni terbuat dari daging sapi segar yang jika disantap terasa kenyal dan berserat. Kuah yang dibubuhi lada hitam berpadu dengan rasa gurih akan membuat lidah kamu bergoyang. Seporsi bakso soni dihargai mulai dari 15 ribu sampai dengan 25 ribu.

Pindang

pindang_enak
by Instagram @vindayayan31

Pindang biasa disajikan menggunakan mangkuk dengan tampilan kuah berwarna kuning. Pindang khas Lampung ini bercitarasa unik campuran dari asam dan gurih mirip dengan tom yam, masakan dari Thailand. Campuran daun kemangi akan menambah aroma harum dari pindang khas Lampung ini. Hmm.. jadi lapar.

Pempek Lampung

pempek_lampung
by Instagram @kardiovskuliner

Makanan khas lampung tengah yang satu ini tentunya berbeda dengan pempek Palembang. Jika pempek Palembang berbahan dasar ikan belida, pempek Lampung ini berbahan dasar ikan tengiri. Cara makan pempek Lampung sama dengan pempek Palembang, yaitu dengan mengggunakan cuka asam manis yang pedas. Pempek Lampung juga bisa bertahan beberapa hari dengan penyimpanan yang baik dan benar, sehingga cocok dijadikan oleh-oleh.

Keripik Lampung

keripik_lampung
by Instagram @keripikcahayabaru.id

Berkunjung ke Lampung, pasti kamu akan banyak menemui keripik. Mulai dari keripik pisang, keripik nangka, keripik singkong, dan keripik yang terbuat dari ubi-ubian lainnya. Keripik khas Lampung ini tidak melulu mempunyai rasa original, namun sudah dimodifikasi dengan varian rasa lain, seperti keripik pisang rasa keju, keripik nangka rasa coklat, bahkan ada rasa susu dan juga melon.

Kemplang

kemplang
by Instagram @palembanginfo

Makanan ringan khas lampung bernama kemplang ini merupakan sajian makanan yang digoreng tanpa minyak. Kemplang ini sebenarnya dipanggang, sehingga tidak ada minyak sama sekali. Kemplang Lampung rasanya gurih dan dominan rasa ikannya. Cocok sekali disantap bersama dengan sambal asam manis atau dicocol dengan cuka.

Sambal Lampung

sambal_lampung
by Instagram @cutmaharatu

Sambal lampung bisa jadi salah satu oleh-oleh yang harus kamu beli saat berkunjung ke Lampung karena saat ini sambal Lampung sudah dikemas dengan kemasan yang modern dan mudah dibawa. Rasa sambal lampung ini pedas dan cocok dipadukan dengan berbagai macam makanan.

Pandap

pandap
by Instagram @kuliner_lampung

Makanan ciri khas lampung yang satu ini tampilannya mirip dengan pepes karena dibungkus dengan daun dan direbus seperti pepes. Bahan yang dipakai untuk membuat pandap khas Lampung ini diantaranya adalah daun pisang dan daun talas yang berbatang putih, keduanya dijadikan sebagai pembungkus. Isi dari dedaunan tersebut adalah ikan laut, biasanya ikan simba atau ikan tongkol yang telah diberi bumbu khusus terdiri dari kelapa goreng, kunyit, lengkuas, kelapa parut, cabe rawit, cabe merah, garam, merica, dan asam jawa. Proses selanjutnya adalah merebus pandap yang dilakukan selama kurang lebih delapan jam. Kemudian bungkusan pandap yang telah direbus diendapkan pada rantang agar air meresap. Karena proses inilah mengapa makanan ini dinamakan pandap.

Kunjungi :  28 Makanan Khas Surabaya Jawa Timur untuk Oleh Oleh

Sop dan Sate Tuhuk

sate_tuhuk
by Instagram @pesisirbarat_

Selanjutnya, kita akan membahas makanan khas lampung selatan, yaitu sop dan sate tuhuk. Tuhuk adalah nama ikan yang juga dikenal dengan nama ikan black marlin. Bagi masyarakat pesisir barat Lampung pasti akan sangat akrab dengan jenis ikan yang satu ini. Ikan tuhuk atau ikan black marlin ini mendapat tempat tersendiri di hati dan lidah masyarakat Lampung, khususnya masyarakat pesisir barat Lampung karena rasanya yang khas dan berbeda dengan ikan laut lainnya. Ikan tuhuk atau ikan black marlin ini biasanya dioleh oleh masyarakat pesisir barat Lampung menjadi sop dan sate ikan. Ikan yang satu ini konon katanya merupakan jenis ikan yang mahal harganya jika dijual di luar Lampung. Untuk mencicipi sop dan sate ikan tuhuk ini kamu bisa berkunjung ke Ciwo Resto yang terletak di Jalan Nusa Indah Nomor 1, Lampung selatan.

Sekubal

sekubal
by Instagram @kuliner_lampung

Ciri khas makanan lampung adalah sering dijadikan sajian saat ada perayaan hari besar atau hajatan. Begitu juga dengan sekubal. Sekubal merupakan makanan yang berbahan dasar ketan dan santan yang dibungkus daun pisang dan cara memasaknya dengan dikukus. Proses pembuatan sekubal membutuhkan waktu yang sangat lama, yaitu delapan sampai sepuluh jam. Sekubal cocok disajikan bersama tape ketan dan bumbu rendang. Rasanya gurih dan mengenyangkan sehingga sering disajikan saat ada acara perayaan hari besar atau hajatan.

Selimpok

selimpok
by Instagram @ayugeografi

Makanan khas dari lampung yang satu ini berbahan dasar ketan dan juga sering disajikan dalam upacara adat ataupun hajatan. Kudapan yang dikenal dengan nama selimpok ini berbeda dengan sekubal. Jika sekubal terbuat dari santan dan kentan, lain halnya dengan selimpok yang terbuat dari ketan dan campuran pisang. Selimpok biasanya diolah menjadi dua jenis, ada selimpok lunik dan selimpok bungking. Cara membuat kedua jenis selimpok itu pun berbeda. Selimpok lunik dibuat dengan terlebih dulu mengolah ketan menjadi tepung untuk kemudian dicampur dengan pisang. Setelah itu, campuran tepung dan pisang tadi dibungkus dengan daun pisang dan direbus hingga matang. Sedangkan ketan yang menjadi bahan dasar selimpok bungking tidak perlu dihaluskan terlebih dulu dan langsung bisa dicampur dengan pisang untuk kemudian dibungkus lalu direbus hingga matang.

Peros Masin

peros_masin

Makanan khas bandar lampung bernama peros masin ini merupakan olahan daging ikan yang dimasak menjadi gulai, namun tanpa menggunakan santan. Ikan yang dipakai biasanya adalah ikan mujair, ikan mas, ataupun ikan tuhuk. Bumbu yang dipakai untuk memasak sajian kuliner khas Lampung yang satu ini diantaranya adalah kunyit, jahe, laos, tomat, dan bawang. Bumbu tersebut sebelumnya harus direbus terlebih dulu, setelah beberapa menit barulah ikan dimasukkan ke dalam masakan. Peros masin ini merupakan salah satu olahan gulai yang menjadi makanan favorit masyarakat Lampung Liwa dan daerah sekitarnya.

Kunjungi :  35 Makanan Khas Maluku yang Menarik Banyak Wisatawan

Kopi Lampung

kopi_lampung
by Instagram @kopipetani

Salah satu oleh oleh khas lampung yang cocok kamu jadi buah tangan ketika berkunjung ke Lampung adalah kopi lampung. Bagi kamu pecinta kopi, wajib membeli varian kopi lampung asli dan langsung dari daerah Lampung. Coba saja bandingkan dengan jenis kopi yang berasal dari daerah-daerah di nusantara lainnya, pasti kopi ini mempunyai cita rasa yang khas dan unik. Kopi lampung sudah dikenal sejak lama dan menjadi salah satu jenis kopi yang banyak dicari, khususnya oleh para pecinta kopi. Kopi lampung ini sudah diolah dan dilabeli dengan berbagai macam merk, seperti merk bola dunia, merk jempol, merk seger, merk tiga bola dunia, dan merk-merk lainnya yang dapat kamu temui di toko oleh-oleh.

Lempok Durian

lempok_durian
by Instagram @fiamettafebie

Oleh oleh makanan khas lampung yang satu ini mempunyai tampilan yang mirip dengan jenang ataupun dodol. Seperti namanya, lempok durian bisa dikatakan sebagai jenang ataupun dodol yang berbahan dasar daging buah durian yang diolah sedemikian rupa sehingga bertekstur halus dan legit. Bagi kamu yang mengaku sebagai pecinta buah durian, wajib sekali membeli lempok durian dan membawanya pulang setelah puas berjalan-jalan berkeliling Lampung. Lempok durian ini dapat dengan mudah kamu temui di hampir sebagian besar toko oleh-oleh yang tersebar di kota Lampung dengan variasi dan harga serta merk yang bermacam-macam. Tanyakan saja kepada penjualnya, pasti kamu akan dihadapkan dengan berbagai merk lempok durian yang menggugah selera.

Manisan Lampung

manisan_lampung
by Instagram @tokosihotang

Makanan khas lampung oleh-oleh yang satu ini sama halnya dengan manisan yang dijual dan menjadi makanan khas daerah lainnya di nusantara. Layaknya Bogor yang mempunyai makanan khas berupa asinan juga, begitu juga dengan manisan lampung. Manisan khas lampung ini terbuat dari berbagai bahan, mulai dari pepaya yang diolah menjadi manisan pepaya, serta buah-buah menyegarkan lainnya yang diolah menjadi manisan dengan rasa yang khas. Manisan lampung ini merupakan salah satu jenis makanan yang bisa kamu jadikan buah tangan juga setelah berkunjung ke Lampung. Manisan lampung juga bisa bertahan cukup lama jika disimpan dengan penyimpanan yang baik dan benar.

Benjak Enjak

benjak_enjak

Berikutnya akan dibahas mengenai makanan khas lampung dan cara membuatnya, yang dikenal dengan nama benjak enjak. Benjak enjak ini sangat populer baik di kalangan masyarakat Lampung pesisir maupun masyarakat Lampung Pepadun. Sajian kuliner berkalori dan zat besi tinggi ini mudah dicerna dan tinggi serat. Cara membuat dan tampilannya hampir mirip dengan wajik ataupun lemper, hanya saja perlu sedikit tambahan komposisi.

Es Serbat Kweni

es_serbat_kweni
by Instagram @hendrawan_agusta

Es serbat kweni masuk dalam top list daftar makanan dan minuman khas Lampung yang patut untuk dicoba. Bahan utama untuk membuat minuman ini adalah mangga kweni yang beraroma khas. Selain itu, kandungan vitamin C dan serat dari mangga kweni membuat minuman ini mengandung zat yang berguna untuk tubuh dan bisa mengobati penyakit susah buang air besar. Es serbat kweni cocok diminum saat cuaca Lampung sedang terik ditambah dengan es batu. Recommended deh pokoknya!

Sekian ulasan mengenai berbagai macam sajian makanan khas Lampung yang dapat dijadikan referensi dan patut kamu coba. Simak juga ulasan mengenai tempat wisata Lampung untuk membantu kamu menentukan destinasi mana saja yang patut untuk dikunjungi selama berada di Lampung. Semoga bermanfaat dan terimakasih.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

/* */