Surganya Wisata Indonesia

23 Makanan Khas Karawang Jawa Barat yang Enak dan Wajib Dicicipi

0

Karawang, salah satu daerah yang menjadi tempat para pekerja industri berdatangan dari seluruh penjuru Indonesia, mulai dari Jakarta, Jawa Timur, Jawa Tengah, dan beberapa daerah di luar Pulau Jawa. Kondisi kota Jakarta yang kian padat sekaligus Karawang yang merupakan kota industri membuat daerah ini banyak diserbu para pekerja. Karawang merupakan wilayah yang mulai berkembang karena lokasinya berdekatan dengan Jakarta. Pabrik pabrik industri juga banyak didirikan di Karawang. Selain di kenal sebagai kota industri, anda juga bisa menjumpai banyak sekali tempat wisata Karawang yang menyenangkan dan membuat anda lebih fresh, mulai dari wisata alam sampai wisata kuliner.

Berkunjung ke suatu daerah tidaklah lengkap tanpa mencicipi sajian kuliner makanan khas dari daerah tersebut. Makanan khas merupakan makanan yang menjadi ciri khas dari sebuah daerah dan biasanya hanya dapat anda temukan di daerah tersebut, bahkan sedikit sulit atau bahkan tidak dapat anda temukan di daerah lainnya. Biasanya, makanan khas akan selalu diburu oleh orang-orang yang baru saja berkunjung atau jarang berkunjung ke daerah tersebut. Begitu juga dengan Karawang, kota yang mulai berkembang ini punya beberapa jenis makanan khas Karawang yang patut anda coba. Selain makanan khas yang harus dicoba langsung saat berada di Karawang, ada juga oleh oleh khas Karawang yang bisa anda berikan kepada sanak saudara ataupun teman dekat anda. Bagi para pecinta kuliner, artikel kali ini tempatwisataindonesia.id akan mengulas beberapa jenis makanan khas khususnya dari daerah Karawang dan sekitarnya yang wajib dicoba dan dijamin tidak akan mengecewakan perut serta lidah anda. Berikut daftar makanan khas Karawang yang berhasil dihimpun oleh tim kami :

Surabi Hijau

surabi_hijau
Instagram by @kevinamando

Makanan khas Karawang Jawa Barat ini sudah menjadi makanan populer di Indonesia, tersaji dalam berbagai varian rasa dan beberapa olahan yang berbeda di beberapa daerah di Indonesia. Serabi khas Karawang ini mempunyai keunikan tersendiri yang berbeda dari surabi daerah lainnya karena surabi ini berwarna hijau. Surabi hijau Karawang dimakan denagn cara dicocol memakai santan atau gula pemanis. Makanan ini berbahan dasar daun suji dan banyak dijual di daerah Rengasdengklok.

Pepes Walahar

aneka_pepes
Instagram by @retta_79

Pepes walahar merupakan makanan yang kondang di Karang. Jika anda ingin mencoba pepes walahar ini, maka datanglah ke daerah pintu tol Karawang timur menuju ke kawasan industri Texmaco karena disitulah dapat anda temukan penjual pepes walahar. Penjual pepes walahar berjualan di dekat bendungan Walahar, itulah asal usul nama pepes walahar. Lokasi kedai pepes berada tepat di seberang bendungan, jika anda ingin mengunjunginya anda harus menyeberang jembatan kecil.

Ikan Gabus Bumbu Pucung

gabus_pucung
Instagram by @alinxe_66

Ikan gabus bumbu pucung juga terkenal akan kelezatannya. Menu ini sebenarnya mirip dengan makanan khas Betawi yang bernama gabus pucung berbahan dasar ikan gabus yang dimasak menggunakan pucung atau keluwak. Satu porsi sayur gabus dijual dengan harga antara 6 sampai 12 ribu tergantung campuran apa saja yang ikut menjadi bahan ketika makanan ini dimasak.

Opak Ketan Rawagede

opak_ketan
Instagram by @tbachtiargeo

Mungkin opak ketan banyak ditemui di berbagai daerah lain di Indonesia, namun opak ketan dari Rawagede, Karawang ini mempunyai rasa yang unik dan berbeda dari opak yang lainnya. Rasa khasnya membuat opak ketan ini punya ciri khas tersendiri. Bentuk opak ketan Rawagede sangat kecil, beda dengan opak dari daerah lain yang biasanya besar-besar. Opak ini habis dalam dua kali gigit saja. Cocok dijadikan cemilan yang dimakan ketika anda berkeliling Karawang. Rasa opak ketan Rawagede ini gurih dan teksturnya renyah. Tentunya anda akan ketagihan apabila sudah memakan opak ketan ini. Opak ketan Rawagede ada juga yang disajikan dengan cara dibakar. Nah, tergantung selera anda nih mau pilih opak yang original atau opak bakar.

Kunjungi :  37 Kue, Minuman dan Makanan Khas Sunda Jawa Barat yang Unik

Soto Gempol

soto_gempol
Instagram by @kiranaamelynda

Soto yang dikenal hampir sebagian besar warga Karawang ini sudah ada sejak tahun 1980an, pertama kali dibuat dan dipopulerkan oleh Haji Abdul Syukur dan Hajjah Fatimah. Warung makan milik pasangan suami istri tersebut menyediakan menu andalan bernama soto gempol. Soto gempol tersedia dalam empat pilihan sajian, yaitu soto daging, soto usus, soto babat, dan soto ayam yang menjadi favorit kebanyakan pecinta soto. Jika anda penasaran dengan semua rasa dari 4 varian soto tersebut, anda bisa memesan menu soto campur yang berisi empat macam varian soto tersebut dalam satu porsi.

Tahu Bumbu

tahu_bumbu
Instagram by @rhenyrhe

Makanan khas Kota Karawang selanjutnya adalah tahu bumbu. Tahu bumbu biasanya dijual oleh para pedagang menggunakan gerobak di pinggir pinggir jalan atau dengan menggelar tenda kaki lima. Salah satu tahu bumbu yang patut anda coba berada di Jalan Dewi Sartika, Karawang. Di jalan tersebut ada kedai tahu bumbu bernama sari rasa yang legendaris karena sudah berdiri sejak tahun 1986. Makanan tahu bumbu ini sebenarnya sama dengan olahan tahu yang berasal dari beberapa daerah di Indonesia, namun berbeda nama biasanya akan berbeda rasa. Jika penasaran dengan perbedaan rasanya, maka anda harus mencicipi langsung tahu bumbu khas Karawang ini.

Kue Gonjing

kue_gonjing
Instagram by @geasya_sae

Jajanan khas Karawang yang satu ini sudah tidak asing lagi bagi sebagian orang yang sudah lama tinggal di daerah Jawa Barat, khususnya daerah Karawang. Rasa kue gonjing ini gurih dan enak. Ternyata, kue gonjing ini masuk dalam daftar makanan legendaris yang ada di Karawang lho. Selain enak, rasa dari kue gonjing ini pun sangat terjangkau dan ramah di kantong. Kue gonjing dibuat dari buah pohon kelapa yang dicampur dengan tepung lalu diberi taburan gula bubuk putih. Beberapa pedagang juga ada yang menyajikan kue gonjing ini dengan rasa pedas, caranya dengan diberi campuran atau dicocol dengan saus pedas.

Soto Tangkar

soto_tangkar
Instagram by @dapur.ny.vey

Soto tangkar yang terkenal di Karawang adalah soto tangkar Mang Nean yang biasanya buka dari pukul 10 pagi sampai dengan 11 malam. Satu hal yang menjadikan soto tangkar ini istimewa adalah kikilnya yang gurih dan empuk jika disantap. Resep makanan khas Karawang soto tangkar ini terbuat dari daging sandung lamur yang dimasak sedemikian rupa dengan campuran bumbu khas kemudian diaduk hingga mendidih. Terakhis sajikan soto tangakr ini bersama dengan nasi putih hangat dan juga es teh sebagai menu makan siang anda.

Es Walikota

es_walikota_karawang

Es walikota merupakan sebuah kedai es yang mempunyai kepanjangan es Warung Lingkungan Kota karena lokasinya berada di tengah Kota Karawang. Di kedai es ini, penyajian es nya cukup unik karena anda dibiarkan memilih sendiri baik es, buah, roti, maupun snack yang disediakan dalam satu mangkuk ukuran tertentu.

Soto Sadang

soto_sadang
Instagram by @dewizakaria28

Soto sadang beralamt di Jalan Veteran Nomor 12 arah ke Purwakarta. Satu porsi soto sadang dijual dengan harga 27 ribu rupiah, cukup terjangkau karena resep khasnya tidak mungkin anda temukan di daerah lainnya selain di Karawang. Soto sadang merupakan sajian makanan yang legendaris karena sudah ada sejak 30 tahun yang lalu. Soto ini menjadi soto yang paling dicari baik oleh masyarakat Karawang sendiri maupun para pendatang yang berasal dari luar Karawang.

Kunjungi :  25 Makanan Khas Kota Batam Riau yang Tidak Boleh Terlewatkan

Nasi Liwet Ibu Dini

nasi_liwet_karawang
Instagram by @e_mil_tamponek

Nasi liwet ibu Dini berlokasi di Jalan Raya Pondok Salam Nomor 10, meskipun harganya cukup mahal yaitu sekitar 40 ribu rupiah, namun rasanya sebanding dengan harganya. Resepnya yang berasal dari warisan keluarga menambah kekhasan dari nasi liwet ibu Dini ini. Jangan salah tapi ya, dengan harga tersebut anda bisa mendapatkan porsi nasi liwet yang cukup di makan satu keluarga lho.

Pepes Jambal

pepes_jambal
Instagram by @dessykobar

Makanan khas Karawang Timur ini dapat anda temukan di rumah makan Pepes Jambal Haji Dirja serta rumah makan Haji emin. Soal rasa silahkan dibuktikan dan dibandingkan sendiri mana sajian pepes jambal yang paling enak menurut anda. Jika belum naik, satu porsi pepes jambal dijual dengan harga 7 ribu rupiah saja. Oh iya, jangan lupa tambahan nasi putih hangat dan es teh ketika menyantap pepes jambal ini agar lebih nikmat.

Aneka Pepes Ibu Ani

aneka_pepes
Instagram by @ernawaty_huang

Rumah makan ibu Ani memang menyediakan beragam menu pepes khas Sunda yang namanya sudah tersohor di seantero Purwakarta dan Karawang. Mulai dari pepes ikan, pepes jamur, sampai pepes tahu ada di rumah makan ini yang beralamat di Jalan Haji Juanda Nomor 2, Purwakarta. Pepes di rumah makan ini dijual dari harga 2 ribu sampai dengan 10 ribu rupiah saja.

Ayam Kampung Goreng Sajolna

ayam_sajolna
Instagram by @fajarsatritama

Satu lagi tempat makan yang menyediakan sajian menu khas Karawang, yaitu rumah makan Sajolna. Rumah makan ini mempunyai menu andalan ayam kampung goreng yang dimasak menggunakan bumbu khusus yang menciptakan cita rasa super mantap dan pasti akan membuat anda menelan ludah tidak sabar untuk mencoba. Rumah makan ini berada di Jalan Letjen Basuki Rahmat Nomor 157. Satu porsi ayam kampung goreng disini dibanderol dengan harga 7 sampai 30 ribu rupiah saja tergantung bagian mana yang anda pilih untuk digoreng.

Minuman Kawista Madu

kawista_madu

Kawista merupakan salah satu buah yang masuk dalam keluarga buah mojo atau suku jeruk jerukan. Kulit buah ini agak keras dan jika matang mengeluarkan bau yang sangat khas. Buah kawista mengandung cola sehingga ada yang menyebutnya java cola. Nah, buah ini dijadikan sajian minuman yang menggugah selera oleh salah seorang warga Karawang yang dicampur dengan madu. Terciptalah minuman kawista madu yang rasanya menyegarkan dan cocok dijadikan alternatif oleh oleh khas Karawang. Selain enak, minuman ini juga berkhasiat menurunkan panas, menyegarkan badan, serta bisa mengatasi sakit perut dan gangguang saat menstruasi.

Kerupuk Bontot

kerupuk_bontot

Kerupuk bontot ini sudah sangat terkenal bahkan sampai ke mancanegara. Bontot adalah bagian ujung dari adonan kerupuk udang yang sudah dapat dipotong lagi. Makanan ringan khas Karawang ini berbeda dengan kerupuk udang lainnya karena kerupuk bontot sebenarnya adalah bahan baku setengah jadi untuk pembuatan kerupuk udang. Dibuat dari tepung terigu yang dicampur dengan udang. Kerupuk bontot banyak di produksi di Kecamatan Rengasdengklok.

Gegeplak

gegeplak
Instagram by @murni_jiweh

Makanan khas Karawang berikutnya adalah gegeplak yang terbuat dari kelapa muda utuh yang dicampur dengan air, gula pasir, garam, dan pewarna makanan biasanya merah muda atau hijau. Cara membuat gegeplak ini cukup mudah, pertama kelapa di parut kemudian diaduk rata dengan campuran bumbu yang sudah sesuai takarannya masing masing. Setelah itu tetesi dengan pewarna makanan dan aduk kembali sampai merata. Masak adonan sambil diaduk hingga berambut dan ketika masih panas ambil adonannya menggunakan sendok lalu kumpulkan adonannya sampai menyato. Letakkan adonan tersebut di atas kertas roti dan tunggu hingga kering. Jika sudah kering, sajikan di piring dan susun rapi agar lebih menarik. Cukup gampang kan cara membuatnya? Tapi butuh ketelitian dan ketelatenan dalam membuat gegeplak ini agar rasa dan tampilannya tidak berubah dari resep aslinya.

Kunjungi :  27 Kuliner Makanan Khas Garut yang Paling Terkenal, Enak dan Lezat

Dodong Hideung Ketan

ketan_hideung
Instagram by @hore_andoy

Makanan tradisional khas Karawang yang mempunyai rasa manis ini dibuat dari beras ketan yang diolah sedemikian rupa hingga bertekstur legit. Dodong hideung ketan ini cocok anda jadikan oleh oleh khas Karawang untuk dibawa pulang ke daerah asal dan dibagikan kepada sanak saudara karena rasanya enak dan harganya terjangkau.

Kue Ali

kue_ali
Instagram by @bella_amaliasalsyabilla

Kue yang berbentuk cincin dan mempunyai rasa khas ini sering disebut juga dengan kue cincin. Rasanya dominan manis dan teksturnya sangat empuk. Selain itu kue ali ini juga legit karena berbahan dasar campuran beras ketan dengan gula merah dan kelapa yang digoreng. selain bulat, kue ali juga ada yang berbentuk persegi empat, namun tetap ada lubang di bagian tengah. Inilah yang menjadi ciri khas kue ali.

Rengginang Ketan

rengginang_ketan
Instagram by @rengginangminirenjung

Oleh oleh makanan khas Karawang selanjutnya adalah rengginang ketan. Sama dengan namanya, terbuat dari beras ketan yang diolah dan dikeringkan di bawah sinar matahari kemudian digoreng. Rengginang ketan dijual dengan harga yang sangat terjangkau dan cocok dijadikan teman minum teh di sore hari yang cerah.

Bolu Kijing

bolu_kijing
Instagram by @fie.drr

Bolu kijing merupakan makanan ringan yang sering disantap sebagai camilan. Rasanya manis dan gurih serta lembut dan renyah ketika digigit. Bolu kijing merupakan makanan legendaris yang sudah dikenal sejak puluhan tahun lalu. Bolu ini masih dibuat menggunakan cara cara tradisional dan tanpa bahan pengawet. Meskipun begitu, bolu kijing mampu bertahan hingga 7 hari sehingga cocok dijadikan oleh oleh.

Jojongkong

jojongkong
Instagram by @mamabariq

Makanan khas dari Karawang ini dibuat dari campuran tepung beras, tepung ketan, dan tepung kanji yang dibubuhi garam, daun pandan suji, dan juga santan. kue jojongkong ini juga diberi isian berupa kelapa muda yang dikeruk hingga halus serta gula merah. Kue jojongkong dibungkus menggunakan daun pisang sebelum dikukus. Makanan tradisional ini mempunyai rasa yang manis dan gurih serta bisa membuat siapapun yang menikmatinya menjadi ketagihan.

Ganastori

ganas_tori
Instagram by @tjhin_

Terakhir, ada kue ganastori yang hanya dikenal di Karawang, sedangkan di daerah lain diberi nama kue gandasturi. Kue ini terbuat dari kacang hijau yang dibungkus tepung dan diolah dengan cara digoreng. rasanya sudah pasti enak, gurih dan teksturnya renyah. Sekarang, kue ini sudah jarang ditemui karena sudah semakin sedikit yang mau membuat. Namun, jika anda penasaran dengan rasanya anda dapat mencari kue ganastori ini di Gang Pasar Rumput yang terletak di Jalan Tuparev, Karawang.

Demikianlah daftar makanan khas Karawang dan beberapa tempat wisata kuliner di Karawang yang bisa dihimpun oleh tempatwisataindonesia.id. Beberapa tempat wisata kuliner tersebut memang khusus menyajikan menu masakan khas Karawang dan daerah sekitarnya, sehingga layak untuk dikunjungi dan juga dicicipi makanannya. Jangan lupa untuk selalu melestarikan budaya dari daerah sendiri ya para pembaca, agar semakin hari tidak tergerus akan pesatnya era modernisasi. Semoga kuliner di Karawang bisa terus berjaya dan semakin berkembang. Apabila masih ada kuliner khas Karawang yang belum masuk dalam daftar, boleh loh berbagai melalui kolom komentar di bawah.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

/* */