Surganya Wisata Indonesia

48 Makanan Khas Jogja Murah Meriah Wajib Dicoba

0

Makanan Khas Jogja – Sebagai salah satu destinasi wisata yang mendunia, yogyakarta mempunyai segudang potensi wisata yang menunggu untuk di ekspose. Salah satunya potensi wisata kuliner yang beragam. Bagi anda yang penasaran dengan ragam makanan khas jogja, berikut kami berikan ulasan lengkap kuliner jogja :

Gudeg

Gudeg_Jogja
by Instagram @eatandjournal

Makanan khas yogyakarta yang terkenal ini tentunya sudah akrab di telinga anda. Hampir setiap pengunjung yang datang ke jogja pasti akan mendatangi rumah makan yang menjual gudeg. Sentra wisata kuliner gudeg di jogja yang paling terkenal berada di sekitaran dekat kampus UGM dan juga sekitar plengkung kraton dekat alun-alun kidul. Gudeg jogja ada tiga jenis, yaitu basah, manggar, dan kering. Bagi anda yang ingin membawa gudeg sebagai oleh oleh, disarankan untuk membeli gudeg kering saja agar tahan lama.

Krecek

Krecek_Jogja
by Instagram @ellyzabeth_aj

Makanan khas jogja selain gudeg adalah sambal krecek yang banyak disukai orang. Sambal krecek biasanya disajikan bersama dengan gudeg manis sehingga dapat menambah selera makan anda. Rasa sambal krecek sendiri dominan pedas dan gurih.

Bakpia Pathuk

bakpia_pathuk
by Instagram: @hesti88

Bila anda berada di jogja, jangan bingung untuk membeli oleh oleh makanan khas jogja. Sebut saja bakpia pathuk, maka anda akan dibawa ke sekitar jalan mataram dekat malioboro yang merupakan sentra penjualan bakpia pathuk. Anda dapat memilih bakpia pathuk beraneka merk dan rasa di jalan ini. Tekstur kue yang berasal dari campuran kacang hijau dan gula yang dibalut dengan kulit tepung kemudian dipanggang ini sungguh sangat memanjakan lidah. Bakpia pathuk, krispi diluar namun lembut di dalam.

Yangko

yangko_jogja
by Instagram @aremafood

 

Ketika anda mampir ke jalan mataram sembari membeli bakpia atau ke toko oleh-oleh di wilayah jogja, jangan lupa dengan makanan khas jogja yangko ini. Yangko biasanya berbentuk persegi dengan warna-warna yang cerah sesuai dengan rasanya. Teksturnya lembut, kenyal, dan manis karena terdapat taburan tepung khusus sebagai ciri khas dari kue yangko.

Oseng-oseng Mercon

Oseng-Oseng_Mercon
by Instagram @shareresep

Mahasiswa jogja pasti sering berburu makanan khas kota jogja ini, yaa namanya oseng-oseng mercon karena masakan ini terkenal sangat pedas. Bagi kalian yang tidak terlalu suka pedas, tetap bisa memesan oseng-oseng mercon kok tapi jangan lupa pesan tanpa cabai ya.

Cilok Gajahan

cilok_gajahan
by Instagram @streetfoodstories

Makanan ini cukup terkenal dan fenomenal. Bahkan sekarang sudah buka cabang dari yang tadinya hanya dijual memakai gerobak di sekitar alun-alun kidul, sekarang sudah membuka cabang di daerah jalan kaliurang. Meskipun jajanan ini berasal dari jawa barat, namun cilok gajahan mampu menjadi primadona jajanan masyarakat jogja lintas usia.

Cenil

cenil_jogja
by Instagram @farizakitchen

Jika anda mencari makanan ringan khas jogja, maka jawabannya adalah cenil. Meskipun di seantero pulau jawa cenil ini sudah terkenal dan bahkan di setiap daerah mempunyai kekhasan cenil masing-masing, namun tidak ada salahnya anda mencoba cenil khas jogja ini.

Geplak

geplak_jogja
by Instagram @voilajogja

Makanan khas jogja geplak merupakan salah satu jenis kue tradisional yang masih dilestarikan sampai sekarang. Adonannya terbuat dari kelapa parut yang dicampur dengan tepung dan gula membuat geplak mempunyai rasa manis. Geplak berbentuk bulat-bulat kecil dan berwarna-warni sehingga membuat anda gemas ingin segera menyantapnya.

Coklat Monggo

coklat_monggo_jogja
by Instagram @ayundavaghela

Coklat monggo merupakan oleh oleh jogja yang tergolong cukup baru. Anda bisa datang ke showroom sekaligus pabrik pembuatan coklat monggo di daerah Kotagede jika ingin membeli coklat monggo. Disini anda juga bisa melihat langsung cara pembuatan coklat monggo sembari mencicipi varian rasa coklat monggo yang beraneka ragam.

Bakmi Jogja

Bakmi_jogja
by Instagram @tody.toddler

Makanan khas daerah jogja yang juga patut anda coba adalah bakmi jogja. Bakmi jawa jogjakarta merupakan olahan bakmi rebus yang dimasak dengan racikan bumbu khas jawa. Jika anda memesan bakmi jawa jogjakarta, anda bisa juga memesan bakmi nyemek yaitu bakmi yang diberi kuah sedikit sehingga tekstur kuahnya menjadi kental dan nikmat. Salah satu penjual bakmi jawa jogjakarta yang legendaris adalah bakmi pak pele yang terletak di dekat alun-alun kidul.

Gatot Gunungkidul

gatot_khas
by Instagram @reni_alexandria

Makanan khas jogja selain bakpia dan gudeg yang berasal dari gunung kidul adalah gatot. Gatot terbuat dari gaplek atau sejenis singkong yang dikupas lalu dikeringkan dengan dijemur. Kualitas gatot ditentukan dari bahan dasar gapleknya yang istimewa pula.

Walang/Belalang Goreng

walang_goreng_jogja
by Instagram @javafoodie

Jika anda kebetulan sedang ingin berwisata ke daerah pantai di wonosari, yogyakarta jangan lupa mampir untuk membeli makanan khas jogja yang terkenal ini, yaitu walang atau belalang goreng. Bagi sebagian orang mungkin akan merasa geli dengan makanan yang satu ini, namun siapa sangka bahwa makanan ini memiliki banyak sekali gizi dalam kandungnya.

Kunjungi :  25 Makanan Khas Kota Batam Riau yang Tidak Boleh Terlewatkan

Nasi Tiwul

nasitiwul_jogja
by Instagram @irrul92

Sebagaimana gatot, nasi tiwul ini juga terkenal di kalangan wisatawan dan pengunjung kota jogja. Nasi tiwul ini berasal dari gunung kidul dan sempat menjadi makanan pokok masyarakat gunung kidul. Meskipun nasi tiwul sempat menjadi icon kemiskinan di daerah gunungkidul, namun sekarang makanan ini malah menjadi primadona oleh-oleh khas jogja yang melegenda.

Sego Abang Jirak

sego_abang_jirak_enak
by Instagram @keritink

 

Sego abang jirak ini berasal dari Gunung Kidul. Dan asal kalian tahu bahwa makanan ini cukup sehat dan bergizi tinggi. Seperti namanya, makanan ini terdiri dari nasi merah yang disajikan dengan sayur lombok ijo yang istimewa. Ditengah gempuran makanan fast food dan junk food yang berkembang di kota jogja, sego abang jirak masih tetap eksis menemani para pecinta kuliner.

Sayur Lombok Ijo

sayurlombokijo_jogja
by Instagram @irawatiretno

Nah, sayur lombok ijo adalah makanan khas kota jogja yang biasa dijadikan pendamping sego abang (nasi merah). Citarasa pedas dan gurih dari sayur ini ditambah dengan kuah santan kental serta racikan bumbu khas jawa membuat sayur lombok ijo ini banyak dicari oleh penikmat kuliner khas jogja. Tidak lupa jika anda memakan sayur lombok ijo, tambahkan tempe kedelai sebagai pelengkap. Dijamin, lidah anda akan terus bergoyang.

Bakmi Pentil

Bakmi_pentil_jogja
by Instagram @kulinerwonogiri

Berbelanja di kawasan pusat kota jogja, sempatkan membeli makanan khas jogja di malioboro, yaitu bakmi pentil. Bahan dasar bakmi ini adalah pati ketela. Keunikan dari bakmi pentil ada pada bentuk mie yang panjang dan ukurannya agak besar dari mie biasa. Bakmi pentil memiliki dua warna khas yaitu kuning dan putih. Rasanya pun kenyal, itulah mengapa dinamakan bakmi pentil.

Peyek Tumpuk

peyektumpuk_jogja
by Instagram @mochiql

Mencari makanan ringan khas jogja tidak usah bingung, anda bisa membeli peyek tumpuk yang unik. Peyek tumpuk ini sama dengan peyek kacang biasa, hanya saja digoreng dengan bertumpuk-tumpuk sehingga bentuknya menjadi bulat tidak beraturan.

Mie Des

Miedes_jogja
by Instagram @arie_murdiyanti

Berburu makanan khas jogja malam hari, maka anda bisa merasakan sensasi memakan mie des atau mie pedes. Makanan khas yang berasal dari Pundong, Bantul ini terbuat dari pati ketela. Teksturnya kenyal mirip bakmi pentil, namun ukurannya lebih besar dan bentuknya berbeda karena pembuatannya dengan cara diiris, bukan digiling layaknya kebanyakan bakmi.

Kue Adrem

kueadrem_jogja
by Instagram @caturpuspita

Makanan yang unik ini berasal dari kecamatan Sanden, Bantul yang terletak di pesisir pantai selatan. Bahan baku utama kue adrem berasal dari tepung beras dan gula jawa merah yang digoreng dan menghasilkan rasa manis sedikit gurih dan legit ketika di gigit. Kue ini cocok dijadikan teman minum teh maupun kopi.

Sate Klatak

sate_klatak_jogja
by Instagram @ini_kopi

Sate klatak masuk ke dalam daftar makanan khas jogja yang enak. Jika anda sedang berkunjung ke daerah Jejeran, Pleret, Bantul, maka anda wajib mencoba sate klathak ini. Keunikan dari sate klathak ini adalah potongan daging kambing muda yang ditusuk memakai jeruji, berbeda dari sate pada umumnya. Bumbu yang dipakai pun sedikit berbeda ditambah dengan siraman kuah gulai yang menggugah selera akan menambah selera makan anda.

Sate dan Tongseng Petir

by Instagram @abe_benardi
by Instagram @abe_benardi

Kuliner unik ini berada di Ringroad selatan, tepatnya desa tirtonirmolo 90, Kasihan, Bantul. Dan sering dijadikan tujuan utama bagi pecinta masakan pedas. Sate dan tongseng petir menyuguhkan seporsi sate dan tongseng dari daging kambing yang dicampur dengan bumbu pedas khusus yang enak sekali. Wajib untuk dicoba!

Jadah Tempe Mbah Carik

Jadah_tempe_mbah_carik_jogja
by Instagram @jogja_culinaryz

Berkunjung ke daerah utara jogja, maka anda harus mencoba makanan khas yogyakarta ini, jadah tempe mbah carik. Jadah merupakan makanan khas kabupaten sleman. Jadah terbuat dari ketan yang dicampur dengan kelapa dan memilik cita rasa gurih. Jadah biasanya disajikan bersama dengan tempe bacem manis. Anda dapat mendapatkan seporsi jadah tempe di warung jadah tempe mbah carik yang terletak di daerah hargobinangun, pakem.

Sate Kelinci Mbah Ganis

sate_kelinci_mbah_ganis
by Instagram @fajar_krisma

Sepeti namanya, sate kelinci berbahan dasar daging kelinci yang ditusuk menggunakan sebatang lidi kemudian dibakar. Sate kelinci mbah ganis memang baru buka pada malam hari, sangat cocok disantap di udara kaliurang yang dingin bersama dengan segelas teh hangat ataupun kopi.

Kunjungi :  41 Makanan Khas Batak yang Sayang untuk Kamu Lewatkan

Enthog Slenget Kang Tanir

Enthog_slenget_kang_tanir
by Instagram @kedunkussil

Satu lagi kuliner yang masuk dalam daftar makanan khas jogja yang enak, yaitu enthog slenget. Jika anda sedang berkunjung ke utara jogja tepatnya daerah Turi, maka anda wajib mencicipi kuliner yang satu ini. Satu porsi enthog slenget berisi daging enthog yang dimasak ala semur lengkap dengan cabai untuk menghasilkan rasa pedas. Di warung makan enthog slenget kang tanir, biasanya ditambah dengan merica bubuk agar rasa pedasnya lebih bertahan lama di mulut.

Tengkleng Gajah

Tengkleng_gajah
by Instagram @ovisofia

Eitss… tunggu dulu, ini bukan murni tengkleng dari gajah, melainkan daging kambing yang disajikan dalam porsi besar. Tengkleng gajah disajikan dalam bentuk tengkleng tongseng ataupun tengkleng goreng. Kedua jenis penyajian ini dapat anda pilih sesuai dengan selera anda, mau yang berkuah atau memilih yang kering. Lokasi tempat makan enak Jogja ini ada di Jalan Kaliurang KM 9,3 agak masuk ke pedesaaan.

Mie Lethek

Mie_Lethek_Jogja
by Instagram @javafoodie

Mirip dengan bakmi jawa, bakmi ini berbahan dasar bihun yang warnanya agak kecoklatan sehingga terlihat kotor. Itulah mengapa dinamakan mie lethek yang artinya mie kotor. Warna kecoklatan ini berasal dari tepung ketela, sehingga mie lethek ini diklaim lebih sehat daripada jenis bakmi lainnya.

Soto Lenthok

Soto_Lenthok
by Instagram @rahmaluphe

Makanan ini dapat anda temui di sekitar stasiun tugu atau daerah bantul. Satu hal yang khas dari soto lenthok adalah lauknya berupa lenthok semacam perkedel yang terbuat dari singkong. Layak untuk dicoba!

Gudeg Bromo Bu Tekluk

gudeg_bu_tekluk
by Instagram @andilatour

Gudeg bromo bu tekluk merupakan makanan jogja malam hari dan baru buka setelah jam 12, namun antriannya sudah ada bahkan satu jam sebelum buka. Uniknya, ibu yang melayani pembeli terkadang bisa “tekluk tekluk” mengantuk, itulah mengapa dinamakan bu tekluk. Rasa gudegnya tidak terlalu manis seperti kebanyakan gudeg khas jogja.

Mie Ayam Grabyas Red Door

mie_ayam_grabyas_red_door
by Instagram @voilajogja

Mie Ayam Grabyas Red Door ini baru buka pukul 12 malam di emperan toko kawasan malioboro. Yang spesial dari mie ayam ini adalah grabyas atau kulit ayam gorengnya yang yummy. Jangan lupa juga untuk memesan es jeniper atau jeruk nipis peras dicampur sirup agar mata melek tidak ngantuk karena menunggu warung ini buka.

Mie Ayam Bu Tumini

mie_ayam_bu_tumini
by Instagram @streetfoodstories

Warung mie ayam bu tumini tidak pernah sepi pembeli. Bahkan saat warung ini belum buka, para pembeli sudah mengantri di depan warung. Mie Ayam Bu Tumini ini memang memiliki keunikan rasa tersendiri dengan kuahnya yang kental dan pekat serta manis. Selain itu, pilihan porsi dalam penyajiannya pun beragam, mulai dari porsi setengah, porsi biasa, sampai porsi jumbo. Mie ayam bu tumini terletak di Jalan Imogiri Timur Nomor 187 bersebelahan dengan Terminal Giwangan Yogyakarta.

Mangut Lele

mangut_lele
by Instagram @nani_oktora

Sebelum anda berkunjung ke Pantai Parangtritis, tidak ada salahnya mampir ke warung yang berada di Jalan Parangtrirtis KM 6,5 belakang kampus ISI Yogyakarta. Disini anda dapat menikmati seporsi mangut lele yang dimasak dengan cara diasapi dengan kayu bakar dan dicampur dengan santai serta cabai. Warna merah yang menggiurkan ditambah butiran petai tentunya akan mengobati rasa lapar anda.

Jejamuran Resto

jejamuran_resto
by Instagram @rinneluissa

Bagi anda pecinta jamur, anda harus datang ke jejamuran resto. Salah satu makanan khas daerah jogja ini dijual dalam suatu resto yang terintegrasi dengan perkebunan jamur dan konsultan budidaya jamur. Semua jamur yang disediakan sudah layak santap dan tidak berbahaya. Anda bisa datang ke Niron, Pandowoharjo, Sleman, Yogyakarta untuk mencicipi wisata kuliner Jogja serba jamur ini.

Ayam Goreng Mbah Cemplung

ayam_goreng_mbah_cemplung
by Instagram @dentist_misae

Ayam goreng gurih dan krispi hanya dapat anda temukan di warung makan mbah cemplung. Terletak di desa sembungan, kecamatan kasihan, Bantul dan tidak jauh dari sentra industri gerabah Kasongan yang terkenal mendunia.

Angkringan KR

angkringan_kr
by Instagram @jogjataste

Berkunjung ke jogja kurang lengkap jika belum jajan di angkringan. Salah satu yang terkenal adalah angkringan KR didepan kantor Kedaulatan Rakyat di jalan mangkubumi. Angkringan sebagai makanan khas jogja malam hari ini selalu ramai pembeli karena menyediakan menu angkringan yang lengkap. Ajaklah teman beramai-ramai kesini, biar tambah seru!

Pecel Pasar Bringharjo

pecel_pasar_bringharjo
by Instagram @jodeelem

Selain sate kere dan bakmi pentil, ada juga makanan khas jogja di malioboro, yaitu pecel pasar bringharjo yang dijual persis di depan pasar beringharjo. Tidak beda dengan pecel biasa, hanya saja harganya memang relatif lebih mahal. Buka pada pagi hari dan tidak pernah sepi pembeli karena rasanya enak dan lauk pauknya lengkap.

Kunjungi :  30 Minuman, Kuliner dan Makanan Khas Kudus Jawa Tengah Terpopuler

Keripik Belut

keripik_belut
by Instagram @sarirasa_crispilele

Oleh oleh khas dari jogja ini dapat anda beli di daerah godean, tepatnya di Pasar Godean. Meskipun harganya sedikit mahal, namun rasanya yang gurih dan krispi akan sebanding dengan harganya. Keripik belut ini mampu bertahan lama sehingga cocok dijadikan buah tangan setelah anda berkunjung ke jogja.

Sate Kere

sate_kere
by Instagram @streetfoodstories

Sate kere adalah kuliner unik berbahan dasar gajih atau lemak sapi yang diberi bumbu rempah khusus. Aroma sate kere saat dibakar sungguh menggugah selera.

Raminten

raminten_jogja
by Instagram @junot_jakarta

Raminten adalah resto unik di jogja yang menyediakan makanan khas jogja 24 jam. Di hari libur, tempat ini akan selalu ramai dan bahkan waiting listnya sangat panjang. Keunikan resto ini adalah tempatnya yang bernuansa jawa, pelayannya pun berpakaian jawa, serta nama makanan dan minumannya yang aneh-aneh.

Rujak Es Krim Pakualaman

rujak_es_krim_pakualaman
by Instagram @jogjataste

Minuman ini terletak persis di depan Pura Pakualaman atau di lahan parkir berjejer dengan semacam foodcourt pakualaman. Rujak es krim ini cocok dijadikan teman makan siang setelah puas berkeliling kota jogja.

Ayam Geprek

ayam_geprek
by Instagram @ellyshuang

Makanan yang satu ini sudah mulai merambah daerah luar jogja karena memang menjadi andalan, khususnya para mahasiswa jogja. Ayam geprek adalah ayam goreng yang digeprek dengan pesanan cabai sesuai selera. Satu porsi ayam geprek dihargai tidak lebih dari 12 ribu saja. Cukup murah dan bikin kenyang, bukan?

Sup Merah

sup_merah_jogja
by Instagram @delicioso_sopmerah

Sup Merah mempunyai keunikan tersendiri karena kuah sup yang biasanya bening, menjadi merah. Warna merah ini dihasilkan dari campuran pasta cabai. Sup merah yang cukup terkenal dijual di warung sup merah bu asih yang terletak di pertigaan lampu merah tungkak, dekat jalan taman siswa.

Kipo

kipo_jogja
by Instagram @jogjaku

Kipo, bukan kepo adalah makanan oleh oleh khas jogja bercita rasa manis dan tekstur legit. Kipo cocok untuk dijadikan oleh-oleh, hanya saja tidak bisa bertahan lama. Terbuat dari tepung beras ketan yang diberi pewarna hijau dari daun pandan. Kipo dimasak diatas wajan tanah liat menggunakan arang. Sungguh masih sangat tradisional ya.

Kicak

kicak_jogja
by Instagram @galuhirawati

Oleh oleh makanan khas jogja yang hanya ada di bulan Ramadhan ini banyak dijual di kawasan Kauman setiap sore ketika Pasar Ramadhan mulai. Kicak merupakan jajanan yang terbuat dari jadah, gula, dan parutan kelapa yang dicampur dengan nangka, pandan, dan ditambakan vanili. Rasanya manis, asin, dan gurih serta teksturnya lembut. Harga kicak sangatlah murah, yaitu 2000 rupiah saja per bungkus.

Saoto Bathok Mbah Katro

saoto_bathok_mbah_katrok
by Instagram @injogjafood

Makanan khas jogja yang terkenal ini terletak di dekat Candi Sambisari, Kalasan. Jika anda berencana ke Candi Prambanan, tidak ada salahnya mampir kesini karena satu porsi saoto bathok hanya dihargi 5000 rupiah saja. Lokasinya berada di pedesaan dikelilingi dengan hamparan sawah. Kuliner ini bahkan sudah membuka cabang di Magelang, tepatnya di Jalan menuju Candi Borobudur.

Es Buah PK

es_buah_pk
by Instagram @
jogjabikinlaper

Kuliner legendaris minuman khas jogja ini konon katanya sudah ada sejak tahun 1959 dan masih sama baik rasa maupun tempatnya, yaitu di trotoar dekat Pasar Kranggan. Jika kesini, siap-siap mengantri karena es buah PK ini tidak pernah sepi pengunjung.

Es Bangjo

es_bang_jo
by Instagram @r.na_06

Es bangjo adalah salah satu jenis minuman berupa milkshake berbagai varian rasa. Cocok di minum saat udara jogja sedang panas-panasnya seperti akhir-akhir ini.

Jogja Scrummy

jogja_scrummy
by Instagram @jogjascrummy

Makanan kekinian milik artis Dude Harlino siap dijadikan buah tangan bagi anda yang berkunjung ke jogja. Datang saja ke jalan kaliurang km 5 untuk membeli jogja scrummy yang merupakan perpaduan antara puff pastry dan kue brownies menggugah selera ini.

Mamahke Jogja

mamahke_jogja
by Instagram @mamahkejogja

Satu lagi makanan khas jogja kekinian yang dimiliki oleh artis zaskia adya mecca dan keluarga, ya mamahke jogja. Best seller dari mamahke jogja adalah varian red velvet. Teksturnya sangat halus dan rasanya manis. Cocok dijadikan buah tangan karena kemasannya juga modern dan cantik.

Jika anda sedang berkunjung ke Jogja, jangan lupa mampir dan mencoba makanan khas jogja yang telah disebutkan di atas ya. Bagi anda yang punya rekomendasi kuliner di sekitar tempat wisata di jogja ataupun oleh-oleh khas jogja yang belum terekspose, boleh loh ditulis di kolom komentar agar semakin lengkap referensinya. Selamat mencicipi kuliner khas jogja!

Leave A Reply

Your email address will not be published.

/* */