Surganya Wisata Indonesia

36 Makanan Khas Indramayu yang Dijamin Bikin Lidah Bergoyang

0
36 Makanan Khas Indramayu yang Dijamin Bikin Lidah Bergoyang
Nilai Artikel Ini

Halo! Bertemu lagi dengan tempatwisataindonesia.id. baiklah, kali ini kami ingin mengajak anda semua untuk berburu sajian kuliner khas Indramayu yang menggugah selera. Nah, apa makanan khas Indramayu yang patut dicoba? Berikut kami berikan ulasan lengkapnya :

Pindang Gombyang Manyung

Pindang_gombyang_manyung
Instagram by @aboutindramayu

Makanan khas Indramayu yang pertama adalah pindang gombyang manyung adalah makanan yang menggunakan bahan uterastama berupa ikan manyung. Ikan manyung merupakan ikan yang berasal dari laut. Makanan pindang gombyang manyung menggunakan bumbu rempah yang diolah sehingga menciptakan cita rasa pedas, asam dan gurih yang sangat pas di mulut. Makanan ini banyak ditemukan di kota Indramayu karena masyarakat setempat biasa memakan pindang gombyang manyung sebagai lauk sehari-hari. Biasanya hidangan pindang gombyang manyung menggunakan bagian kepala ikan sebagai bahan utamanya.

Nasi Lengko

nasi_lengko
Instagram by @infocrbcom

Nasi lengko sebagai makanan khas dari Indramayu adalah makanan yang sangat menyehatkan, apalagi anda yang mempunyai penyakit kolesterol. Nasi lengkong disajikan dengan tidak menggunakan bahan makanan dari hewan sedikitpun, sehingga sangat menyehatkan. Bahan yang digunakan untuk membuat nasi lengko antara lain nasi putih, tahu goreng, tempe goreng, mentimun yang diiris kecil-kecil, tauge yang direbus, bawang goreng, kecap manis, dan bumbu kacang yang mirip dengan bumbu rujak. Apabila anda yang tidak mempunyai penyakit kolesterol, anda bisa menambahkan sate kambing agar nasi lengkong terasa lebih nikmat.

Rumbah

rumbah
Instagram by @kuswointan

Makanan khas Indramayu Jawa Barat mungkin terdengar asing bagi orang yang belum pernah mengunjungi kota Indramayu. Rumbah adalah makanan yang terbuat dari macam-macam sayuran yang direbus, sekilas makanan rumbah hampir sama dengan pecel, tetapi ada yang membedakan sehingga mempunyai cita rasa yang berbeda. Rumba terbuat dari daun kangkung, tauge dan kacang panjang yang diberi dengan bumbu kacang dengan dicampur air rebusan asam jawa, tidak lupa ditambah pewangi dari daun semanggi. Harga makanan rumbah sangat terjangkau, dan banyak ditemukan di warung-warung kecil di pinggir jalan kota Indramayu. Masyarakat Indramayu biasanya menikmati rumbah ditambah dengan gorengan atau kerupuk. Sebagian masyarakat Indramayu menggunakan enceng gondok sebagai bahan utama menggantikan daun kangkung.

Burbacek

burbacek
Instagram by @aboutindramayu

Apabila anda berwisata ke Indramayu tentunya harus mencoba makanan burbacek. Mendengar namanya mungkin merasa asing ataupun aneh. Burbacek adalah singkatan dari bubur rumba cecek. Makanan burbacek menggunakan bubur dengan ditambah rumba atau hampir mirip dengan pecel dan timbah dengan cecek atau yang lebih kita kenal dengan krecek yang dicampur dengan cabai merah dan parutan kelapa. Makanan ini biasa dikonsumsi oleh masyarakat Indramayu, sehingga banyak tempat makan khas Indramayu yang menyediakan makanan burbacek ini. Makanan burbacek banyak dijual dari pagi hari sampai sore, tetapi sekarang ini sebagian masyarakat ada yang menjual burbacek malam hari agar wisatawan yang berburu kuliner malam tetap bisa merasakan enaknya makanan burbacek.

Nagasari

nagasari
Instagram by @matahari_oct

Makanan ringan khas Indramayu yang satu ini sudah sangat terkenal, bahkan hingga ke mancanegara. Hal ini terbukti dari terpilihnya nama nagasari yang menjadi kandidat nama operating system android yang terbaru. Nagasari merupakan makanan tradisional Indramayu yang terbuat dari tepung beras, santan kelapa, gula pasir, daun pandan dan pisang sebagai isi nagasari. Cara memasak nagasari sangat mudah, masak bahan-bahan diatas hingga menjadi adonan, setelah adonan siap kemudian adonan ditaruh di daun pisang yang ditambahkan pisang sebagai isinya, setelah itu kukus adonan yang sudah dibungkus daun pisang dan nagasari siap untuk dimakan.

Koci

koci_indramayu
Instagram by @_christine788

Makanan khas di Indramayu kue koci sebenarnya hampir mirip dengan nagasari, tampilannya yang sama sehingga kalau dilihat maka akan sulit membedakan, hal ini karena kue koci juga menggunakan daun pisang sebagai pembungkus makanan, tidak hanya itu, pada saat daun pisang dibuka, warna dan bentuknya pun hampir sama, tetapi rasanya akan berbeda. Kue koci terbuat dari tepung ketan, garam, gula pasir, santan kelapa, dan daun pisang. Cara memasaknya sama dengan membuat nagasari. Yang membedakan rasanya adalah nagasari menggunakan tepung beras sebagai bahan utama, sedangkan kue koci menggunakan tepung ketan sebagai bahan utama sehingga memiliki tekstur yang lebih kenyal dibandingkan nagasari, kue koci juga tidak menggunakan potongan buah pisang sebagai isinya tidak seperti nagasari yang menggunakan potongan buah pisang sebagai isi.

Kunjungi :  18 Makanan Khas Papua yang Mampu Menggoyang Lidah Penikmatnya

Blendung Jagung

blendung_jagung
Instagram by @duwiiiiiiii

Apabila dilihat dari namanya, makanan khas kota Indramayu ini sudah bisa ditebak bahan utamanya, yaitu jagung. Mungkin sebagian dari kalian pernah mencoba makanan blendung jagung ini, makanan ini biasanya dijual dipasar-pasar maupun di warung kaki lima. Cara membuat makanan blendung jagung sedikit lama, karena untuk membuat lunak jagung yang digunakan perlu waktu sekitar 4 jam. hal tersebut karena jagung yang digunakan adalah jagung yang sudah tua. Selama melunakkan jagung tersebut ditambahkan bumbu kapur sirih, garam, dan air secukupnya, untuk menambah rasa pada jagung dan supaya tidak kering. Setelah lunak dan sudah dingin, pisahkan jagung yang telah mengembang dari batang jagungnya. Kemudian jagung tersebut disajikan menggunakan daun pisang sebagai piring dan ditaburi dengan parutan kelapa.

Blengep Cotot

blengep_cotot
Instagram by @ezzaputra412

Kudapan khas Indramayu ini menggunakan bahan utama adalah singkong, kelapa dan gula merah. Walaupun hanya menggunakan tiga macam bahan, namun untuk memasak blengep cotot memerlukan waktu yang cukup lama. Singkong yang sudah bersih di rebus selama 15 menit. Untuk membuat isi blengep cotot menggunakan parutan kelapa yang disangrai kemudian ditumbuk bersamaan dengan gula merah. Kemudian membuat bumbu dibagian luar blengep cotot menggunakan kelapa yang diiris kecil dan memanjang kemudian digoreng hingga matang dan tambahkan bawang goreng. Setelah singkong yang direbus sudah lunak kemudian ditumbuk hingga halus. Setelah halus kemudian masukkan isian yang sudah dibikin dan taburi dengan potongan kelapa yang digoreng bersama bawang goreng. Blengep cotot siap disajikan. Apabila anda malas untuk membuat blengep cotot, anda dapat membelinya di warung-warung makanan ringan ataupun di pasar di daerah Indramayu.

Geblog

geblog
Instagram by @sucipurwanty

Aneka makanan khas Indramayu yang satu ini terbuat dari bahan utama singkong. Kue geblog ataugemblong Indramayu tentunya berbeda dengan kue gemblong dari daerah lainnya. Kue gemblong Indramayu selain terbuat dari singkong, ada juga yang terbuat dari ketan hitam. Makanan ringan gemblong sudah jarang ditemukan, tetapi memiliki cita rasa yang sangat enak. Kue gemblong berbahan dasar singkong parut yang diperas, kelapa parut, garam, gula merah, gula pasir, daun pandan, dan air secukupnya. Cara memasaknya dengan mencampur singkong parut, kelapa parut dan garam sampai merata, kemudian buat adonan tersebut berbentuk oval yang di isi dengan gula merah, gula pasir dan daun pandan yang telah dicampur. Setelah itu lalu goreng adonan berbentuk oval hingga matang.

Karedok

karedok_enak_sekali
Instagram by @david._.sitanggang

Makanan karedok ini sebenarnya hampir sama dengan gado-gado yang selama ini kita kenal. Karedok menggunakan bahan yaitu sayuran yang diberi bumbu kacang atau saus kacang. Yang membedakan karedok dengan gado-gado adalah sayuran yang digunakan untuk membuat karedok adalah sayuran yang mentah, sedangkan untuk membuat gado-gado menggunakan sayuran yang telah direbus. Sayuran yang dipakai untuk membuat karedok sesuai dengan selera orang yang memakannya, biasanya masyarakat Indramayu menggunakan sayuran kubis, kacang panjang, tauge, terong dan mentimun. Untuk membuat saus kacangnya pun sama dengan saus kacang yang digunakan untuk membuat gado-gado.

Pedesan Entog

pedesan_entog
Instagram by @arief.photo

Kuliner makanan khas Indramayu pedesan entog adalah olahan makanan yang menggunakan daging entog yang di masak dengan kuah sangat kental. Berikut ini bahan-bahan yang digunakan untuk membuat pedesan entog, daging entog, tomat, daun jeruk, serai, kecap manis, cabai merah, bawang merah, bawang putih, kunyit, lengkuas, kemiri, garam dan air secukupnya. Entog di rebus hingga setengah matang lalu dicampurkan bumbu diatas yang telah ditumis dahulu kemudian tambahkan kecap dan aduk hingga rata. Bila daging entog belum lunak, tambahkan air hingga entog lunak dan kuah cukup kental, pedesan entog siap disajikan

Buah Mangga

buah_mangga
Instagram by @sayurbox

Daftar makanan khas Indramayu ini paling cocok dijadikan oleh-oleh bagi wisatawan yang berkunjung ke Indramayu. Selain karena buah mangga tahan agak lama, tetapi hampir semua orang suka buah ini. Indramayu memang terkenal dengan buah mangganya. Buah mangga Indramayu mempunyai rasa yang manis dan buahnya yang besar. Banyak petani di Indramayu yang menanam buah mangga, ha tersebut didukung dengan tanah yang subur, sehingga tanaman mangga di Indramayu bisa mengeluarkan banyak buah dibandingkan dengan daerah lain.

Kunjungi :  45 Minuman dan Makanan Khas Semarang Jawa Tengah

Dodol Pelem

dodol_mangga_indramayu
Instagram by @manggagincu

Sesuai dengan namanya, makanan khas Indramayu dodol pelem terbuat dari pelem. Pelem adalah bahasa jawa yang artinya mangga. Indramayu yang dikenal sebagai penghasil buah mangga yang besar membuat masyarakat Indramayu menggunakan aneka makanan berbahan dasar mangga. Salah satunya adalah dodol pelem atau dodol mangga. Dodol ini sudah terkenal ke berbagai daerah. Dodol ini memiliki cita rasa yang manis dan asem, sehingga akan terasa nikmat. Dodol pelem ini sudah banyak tersedia di toko oleh-oleh yang berada di Indramayu. Jadi bagi yang berwisata atau berkunjung ke Indramayu, tidak salahnya membeli dodol pelem sebagai oleh-oleh keluarga yang dirumah.

Wedang Sere

wedang_sere
Instagram by @sarasyusuf

Minuman khas Indramayu ini berarti minuman sirih yang diartikan dalam bahasa jawa. Wedang sere sangat banyak dijual diwarung-warung makan pinggir jalan. Masyarakat Indramayu banyak yang meminum wedang sere sebagai minuman sehari-hari. Apalagi saat malam hari dan udaranya dingin, wedang sere bisa menghangatkan tubuh.

Cuwing

cuwing
Instagram by @kulinercirebon

Cuwing adalah minuman khas dari Indramayu. Cuwing hampir sama dengan cincau, perbedaannya adalah apabila cincau berwarna hitam, cuwing berwarna hijau yang terbuat dari daun cuwing yang diremas-remas. Minuman cuwing biasanya disajikan dengan campuran gula merah yang cair dan ditambah dengan es yang telah diserut. Minuman cuwing cocok diminum pada siang hari pada waktu cuaca yang panas, minuman cuwing akan menyegarkan tenggorokan kita. Biasanya cuwing dijual diwarung-warung pinggir jalan dan pedagang keliling. Pada waktu musim kemarau, pedagang cuwing akan lebih banyak ditemukan.

Orog Orog

orog_orog
Instagram by @silvia.kristiana

Orog-orog adalah makanan ringan khas Indramayu yang terbuat dari tepung beras yang di beri gula merah parutan kelapa. Pada zaman dulu, makanan orog-orog hanya disajikan pada waktu tahlilan tujuh hari orang yang meninggal. Tetapi untuk sekarang ini orog-orog bisa kita beli di toko oleh-oleh yang berada di Indramayu.

Mie Ragit

mie_ragit
Instagram by @peachpiku

Makanan khas Indramayu yang satu ini terbuat dari olahan mie. Mie ragit tentunya berbeda dengan olahan mie yang lainnya. Mie ragit mempunyai kuah yang berbeda dengan olahan mie lain. Mie ragit menggunakan kuah sayur santan udang dan sebagai pelengkap ditambahkan telur yang sudah diiris-iris. Bagi masyarakat Indramayu, mie ragit adalah makanan favorit pada waktu buka puasa. Mie ragit banyak di jual diwarung-warung kecil di pinggir jalan, harga mie ragit sangat terjangkau, harganya hampir sama dengan harga mie ayam yang selama ini kita makan.

Wajik

wajik
Instagram by @funz_payne

Kita tahu bahwa wajik adalah makanan yang sudah terkenal dan menjadi makanan khas di beberapa daerah. Tetapi wajik khas Indramayu terbuat dari parutan kelapa dan gula merah yang dipadatkan, sehingga rasa dan bentuknya berbeda dengan wajik dari daerah lain. Wajik Indramayu biasa disajikan pada waktu acara tertentu, seperti acara adat, acara perkawinan, dan acara lainnya.

Bubur Gintir

bubur_candil_gintir
Instagram by @cennygoh

Bubur gintir berbeda dengan bubur yang terbuat dari beras yang sering kita jumpai. Bubur gintir terbuat dari tepung beras yang di buat berbentuk bulat kemudian direbus dengan air gula merah. Bubur ini disajikan dengan diberi air santan sehingga menciptakan cita rasa yang manis dan gurih. Bubur gintir biasanya disajikan pada waktu petani yang mau memanen padi dan juga sebagai bentuk rasa syukur kepada Tuhan dengan membagigan bubur gintir kepada tetangga.

Cimplo

cimplo
Instagram by @sriendang_nurmilah

Makanan khas Indramayu yang satu ini biasanya di sajikan pada waktu tertentu saja. Masyarakat Indramayu meyakini bahwa cimplo adalah makanan untuk menolak bala. Makanan cimplo terbuat dari tepung beras ketan, tapai singkong, gula putih dan ragi kemudian dicetak hingga berbentuk bulat lau campur dengan gula merah yang dicairkan, parutan kelapa dan santan kelapa.

Petis

petis
Instagram by @awied_dhya

Petis khas Indramayu berbeda dengan tahu petis dari Cirebon. Petis khas Indramayu adalah petis encer yang dicampur dengan ikan pindang. Masyarakat Indramayu biasa memakan petis dengan dicampurkan dengan lontong. Biasanya disajikan pada waktu sarapan.

Lepet

lepet
Instagram by @makfoodies

Lepet berbentuk hampir sama dengan lemper. Lepet khas Indramayu berisi kacang tolo yang dibungkus dengan daun kelapa atau daun pisang. Lepet juga menggunakan ketan putih, sama seperti lemper. Berikut foto makanan khas Indramayu yang bernama lepet.

Kunjungi :  32 Minuman dan Makanan Khas Tulungagung yang Wajib Kalian Cicipi

Emping Melinjo

emping_melinjo
Instagram by @1106re_y

Kita tentunya sudah biasa memakan emping melinjo, emping melinjo biasanya berbentuk pipih. Tetapi emping melinjo khas Indramayu berbentuk bulat seperti kancing. Rasa emping khas Indramayu pun ada beberapa rasa seperti rasa asin, manis, dan pedas. Pusat industri emping melinjo khas Indramayu adalah didaerah Karangampel.

Dongkal

dongkal
Instagram by @widioktaviani_

Makanan khas Indramayu dongkal adalah makanan ringan yang terbuat dari tepung beras, parutan kelapa, sagu, dan gula merah. Dongkal banyak tersedia di toko oleh-oleh di Indramayu. Rasanya yang manis cocok untuk dijadikan oleh-oleh saat anda berkunjung ke Indramayu.

Kerupuk Udang dan Kerupuk Kulit Ikan

kerupuk_udang
Instagram by @mayaardhiani

Oleh oleh khas Indramayu ini bisa kamu temukan di Desa Dukuh yang merupakan sentra pembuatan kerupuk udang. Kerupuk udang dan kerupuk kulit ikan dibuat di sentra industri yang sama dan merupakan produk rumahan yang cukup terkenal di Indramayu.

Terasi

terasi
Instagram by @difa1701

Terasi Indramayu mempunyai ciri khas yaitu cita rasanya yang beda dengan jenis terasi lainnya. Terasi di Indramayu bisa anda temukan di sepanjang Jalan Gatot Subroto atau di Desa Dukuh. Terasi ini bisa anda campurkan dengan bahan membuat sambal lainnya. Rasanya lezat dan mantap sekali pokoknya!

Keripik Tike

keripik_tike
Instagram by @niken_nurdiana

Keripik tike terbuat dari umbi rumput teki yang diolah sehingga menghasilkan cemilan keripik khas Indramayu. Proses pembuatan keripik tike sama dengan cara membuat emping melinjo. Pertama umbi rumput teki disangrai kemudian dipipihkan seperti emping melinjo. Setelah itu, umbi rumput teki dijemur dibawah matahari sampai kering dan siap digoreng.

Aneka Ikan Asin

aneka_isan_asin
Instagram by @derukomunike12

Terletak di pesisir pantai utara Jawa membuat Indramayu kaya akan hasil laut. Maka dari itu, di Indramayu akan banyak anda temui beragam olahan ikan asin mulai dari yang harganya murah sampai dengan ratusan ribu per kilonya. Salah satu olahan ikan asin yang terkenal dari Indramayu adalah ikan asin jambal roti.

Asin Jambal Roti

asin_jambal_roti
Instagram by @retnayunita

Asin jambal roti bisa dibilang makanan kelas premium karena harganya cukup mahal. Asin jambal roti dikenal akan keawetannya karena diolah dengan digarami atau dikeringkan. Tingginya harga makanan ini dikarenakan pasokan bahan baku berupa ikan mayung dan ikan kadukang terbatas.

Dodol Indramayu

dodol_indramayu
Instagram by @thecookieshouse.id

Ada dua jenis dodol Indramayu, yaitu dodol lolos dan dodol gula merah. Dodol lolos dikenal juga dengan dodol basah yang bertekstur sama dengan jenis dodol yang sering anda temui. Dodol lolos bertekstur lebih basah dan atasnya diberi topping ampas santan yang menggumpal. Sedangkan dodol gula merah lebih mirip dengan dodol khas Betawi.

Serabi

serabi
Instagram by @yuliaf678

Serabi khas Indramayu disajikan dengan gula merah cair yang dicetak menggunakan cetakan surabi tradisional dari tanah liat dan diletakkan di atas tungku batu bata.

Glintir

bubur_glintir
Instagram by @daddyisthechef

Glintir adalah makanan Indramayu sejenis bubur yang terbuat dari tepung beras ketan. Tepung ketan dipakai untuk membuat candilnya sedangkan tepung beras digunakan untuk membuat buburnya. Selain tepung beras ketan, bahan glintir lainnya adalah santan kelapa dan gula merah serta tambahan daun pandan.

Ketan Tutu

ketan_tutu
Instagram by @diena_amaterasukei

Ketan tutu dibuat dari ketan putih yang dibentuk persegi panjang. Ketan tutu bisa langsung disajikan begitu saja sebagai cemilan atau bisa juga dibakar terlebih dulu sebelum disajikan sampai warnanya berubah menjadi kecoklatan.

Blencong

blencong
blencong

Terbuat dari beras ketan yang diberi campuran kelapa parut. Blencong berbentuk kerucut mirip dengan kukusan.

Jalabiya

jalabiya_cincin
Instagram by @diah_arini

Jalabriya khas Indramayu terdiri dari dua macam, ada yang terbuat dari ketan hitam ada juga yang terbuat dari ketan putih. Bentuk jalabriya bulat seperti cincin biasanya dibagian atas ditaburi dengan gula putih atau gula merah.

Kue Cikak

kue_cikak
Instagram by @tu2nmulyawan

Kue cikak berbentuk bulat dengan warna merah yang menggoda. Kue cikak ini rasanya sangat enak karena berisi kacang hijau yang disajikan dengan alas daun pisang.

Sekian ulasan makanan khas Indramayu yang bisa diberikan oleh tempatwisataindonesia.id, kapan kapan kita tambah lagi ulasan yang lebih lengkap tentang sajian kuliner khas Indramayu sekaligus beberapa tempat wisata Indramayu. Semoga bermanfaat!

Leave A Reply

Your email address will not be published.

/* */