Surganya Wisata Indonesia

36 Makanan Khas Cirebon Jawa Barat yang Wajib Disantap

0

Pada kesempatan kali ini, mari kita berkunjung ke salah satu kota wisata di daerah Jawa Barat. Yap, kota Cirebon. Daerah yang dikenal sebagai kota udang ini mempunyai beragam wisata kuliner yang dapat memanjakan lidah dan perut kamu. Meskipun tergolong kota kecil, namun Cirebon mampu mendatangkan begitu banyak wisatawan dari berbagai penjuru Indonesia. Berkunjung ke Cirebon, sebaiknya kamu menyimak daftar tempat wisata Cirebon yang menunggu untuk dikunjungi. Setelah puas berjalan-jalan, jangan lupa sempatkan dirimu untuk mencoba sajian makanan khas Cirebon yang menggugah selera. Berikut ulasan mengenai beberapa sajian kuliner khas cirebon.

Nasi Jamblang

nasi_jamblang
by Instagram @shofiakafa

Makanan khas daerah Cirebon satu ini sudah sangat terkenal. Jamblang merupakan nama daerah di wilayah barat kota Cirebon yang menjadi tempat asal para pedagang nasi jamblang tersebut. Nasi jamblang adalah nasi putih yang dibungkus memakai daun jati dan disajikan dengan berbagai macam lauk pauk secara prasmanan. Seiring perkembangan jaman, daun jati tidak lagi dijadikan sebagai pembungkus nasi, namun hanya dijadikan sebagai alas piring. Jika kamu berkunjung ke Cirebon, jangan khawatir tidak menemukan sajian kuliner nasi jamblang karena hampir di setiap warung akan menyajikan menu makanan khas ini.

Empal Gentong

empal_gentong
by Instagram @jjroyalbistro

Makanan khas Cirebon yang enak ini merupakan sajian makanan berkuah santan yang berisi daging sapi dan jeroan. Sekilas tampilannya mirip dengan gulai, namun cita rasanya gurih dan manis yang dimasak menggunakan cara tradisional yaitu menggunakan kayu bakar dan menggunakan media gentong atau periuk yang terbuat dari tanah liat. Jeroan yang biasa dipakai dalam empal gentong diantaranya adalah usus, babat, limpa, dan paru. Empal gentong awalnya berasal dari desa Battembat, kecamatan Tengah Tani. Empal gentong terasa lezat disajikan dalam keadaan panas bersama dengan nasi atau lontong. Ditambah lagi taburan irisan daun kucai dan jeruk nipis yang akan menggoyang lidang kamu.

Mie Koclok

mie_koclok
by Instagram @gieyow

Mie koclok ini berbeda dengan kebanyakan mie yang dijual di pasaran. Mie koclok berisi mie kuning dan campuran dari kol, daging ayam, tauge, dan telur. Mie koclok disajikan dengan kuah santan khas Cirebon berbumbu khusus. mie koclok sangat lezat bila disajikan dalam keadaan panas.

Docang

docang
by Instagram @filipusverdi

Selanjutnya akan kami berikan ulasan mengenai resep docang makanan khas Cirebon. docang merupakan makanan khas yang terdiri dari campuran daun singkong, lontong, kerupuk, tempe gembus, dan tauge. Agar lebih nikmat dan gurih, sajian kuliner ini ditaburi dengan parutan kelapa muda. Docang biasanya dijadikan salah satu menu andalan saat sarapan karena satu porsinya cukup mengenyangkan.

Nasi Lengko

nasi_lengko
by Instagram @sbykulinerinfo

Nasi lengko adalah sajian kuliner khas Cirebon yang terkenal selain makanan khas Cirebon docang. Bagi kamu yang mengaku pecinta sayur, cocok sekali makan nasi lengko ini. Sajian nasi lengko tidak mengandung daging sama sekali, jadi isinya murni sayur mayur dan protein nabati. Satu porsi nasi lengko biasanya berisi nasi putih, tahu goreng, tempe goreng, tauge, timun, dan taburan daun kucai serta bawang goreng. Tidak lupa tambahan siraman bumbu kacang yang akan menambah kesegaran dan kenikmatan nasi lengko ini. Harga satu porsi nasi lengko biasanya dipatok sekitar 10 ribu saja, cukup terjangkau dan membuat kenyang bukan? Selain itu juga sehat karena berisi sayur-sayuran tanpa daging sedikit pun apalagi jeroan.

Sate Kalong

sate_kalong
by Instagram @nina_culinaire

Sate kalong bukanlah sate yang berasal dari daging kalong atau daging kelelawar, melainkan berasal dari daging kerbau. Sajian kuliner yang satu ini biasanya akan dengan mudah kamu temui menjelang magrib sampai dengan tengah malam. Itulah mengapa sate ini dinamakan sate kalong, ya karena dijajakan pada sore hingga malam di saat kalong membuka matanya. Rasa sate kalong ini dominan asin dan manis.

Teh Poci

teh_poci
by Instagram @tukangban007

Teh poci masuk dalam daftar makanan dan minuman khas Cirebon. seperti teh dari daerah lainnya, rasa teh poci ini juga tidak jauh berbeda. Berbahan dasar teh hijau melati dan disajikan dengan poci yang terbuat dari tanah liat akan menambah cita rasa minuman khas Cirebon yang satu ini. Bahkan ada salah satu lagu yang membahas tentang teh poci sehingga membuat teh poci ini semakin di kenal oleh masyarakat, khususnya para wisatawan.

Kunjungi :  35 Daftar Minuman dan Makanan Khas Tangerang Banten Paling Populer

Kerupuk Melarat

kerupuk_melarat
by Instagram @kulinerjabodetabek

Ulasan selanjutnya adalah tentang makanan kering khas Cirebon yang dikenal dengan sebutan kerupuk melarat. Eits… tenang saja, makan kerupuk ini tidak lantas membuat kamu jadi jatuh miskin kok. Ini hanya perkara nama saja. Kerupuk melarat yang artinya kerupuk miskin ini biasanya dikemas dalam sebuah plastik yang diikat menggunakan tali rafia. Tampilan kerupuk melarat yang berwarna-warni ini tentunya sangat menggoda. Kerupuk melarat cocok disajikan bersama dengan sambal yang rasanya asam.

Bubur Sop

bubursop
by Instagram @niexlicia

Bubur sop Cirebon sebenarnya sama saja dengan bubur yang banyak kita temui di daerah lainnya. Satu porsi bubur sop Cirebon berisi tauco, sayur kol, daun bawang, ayam suwir, dan ditambah dengan sajian kerupuk yang membuat makanan ini bercita rasa gurih. Kebanyakan orang Cirebon menyebut bubur sop ini merupakan makanan kombinasi dari sayur sop dan bubur ayam. Bubur sop akan mudah kamu temui di sekitar Cirebon pada malam hari, berbeda dengan bubur ayam yang sering dijadikan menu sarapan di daerah lain selain Cirebon.

Tahu Gejrot

tahu_gejrot
by Instagram @ronny_setiawan

Makanan khas kota Cirebon yang satu ini tentunya sudah sangat terkenal. Namanya sama dengan makanan khas Semarang. Tahu gejrot yang sangat eksis ini terdiri dari tahu yang dipotong kecil kemudian diberi bumbu berbahan dasar cabai, gula merah, bawang merah, dan bawang putih yang dihaluskan. Tampilan dan rasanya memang mirip dengan tahu gejrot masakan khas Semarang, namun jika kamu menyantapnya di Cirebon, pasti akan terasa bedanya. Tidak percaya? Coba saja langsung!

Empal Asem Amarta

empal_asem_amarta
by Instagram @nennyyuniawati

Makanan yang wajib dicoba ketika berkunjung ke Cirebon satu ini dapat kamu temukan di warung makan Empal Asem Amarta. Empal asem merupakan sajian makanan berisi belimbing wuluh, daun bawang, irisan daging, tomat yang disiram dengan kuah bening. Tekstur dagingnya lembut dan empuk karena cara memasaknya khusus, sehingga kamu tidak perlu mengeluarkan tenaga ekstra untuk memakannya. Makanlah empal asem ini bersama dengan rombongan, maka selera makan kamu akan meningkat dan mungkin tidak akan cukup jika hanya menghabiskan satu porsi saja.

Serabi

serabi_cirebon
by Instagram @sandraayuapriliyani

Serabi Cirebon rasanya gurih dan cocok dijadikan camilan maupun pengganjal perut ketika lapar. Serabi merupakan salah satu kue tradisional yang sudah dibuat oleh masyarakat asli Cirebon sejak dulu kala. Jika kamu ingin mencicipi serabi khas Cirebon, datang saja ke pasar-pasar yang ada di Cirebon pada pagi hari karena banyak sekali pedagang yang menjajakan serabi khas Cirebon ini sebagai menu sarapan. Cara makan serabi khas Cirebon beda dengan serabi jawa. Jika serabi jawa dimakan dengan cara disiram gula merah atau kinca, serabi Cirebon dimakan dengan gorengan seperti orang sunda memakan gorengan dengan lontong atau buras.

Gado Gado Ayam

gado_gado_ayam
by Instagram @guntur_12

Siapa yang tidak kenal gado gado? Gado gado di Cirebon berbeda dengan jenis gado-gado lainnya, karena gado-gado Cirebon adalah gado-gado ayam. Isinya ada sayur mayur berupa tauge, timun, kentang, dan juga telur rebus yang ditambah dengan lontong dan daging ayam suwir. Gado gado ayam ini tidak hanya disiram dengan saus kacang, namun juga disiram dengan kuah kari ayam. Rasanya nendang dan bikin kenyang. Salah satu warung makan yang menyajikan kuliner ini adalah warung di Jalan Lawanggada atau dekat dengan Pasar Sumber.

Terasi Cirebon

terasi_cirebon
by Instagram @putritaruno

Terasi cirebon adalah bumbu rumahan yang sudah sangat terkenal sampai ke tingak nasional. Biasanya bumbu terasi dijadikan tambahan bumbu dalam masakan atau dipakai sebagai campuran sambal. Terasi cirebon dikenal akan rasanya yang enak dan lezat. Terasi cirebon dibuat dari udang rebon yang berukuran sangat kecil. Sekarang, terasi cirebon sudah dikemas dengan berbagai bentuk yang lebih modern. Cocok dijadikan sebagai oleh-oleh yang lain daripada lainnya.

Kunjungi :  49 Daftar Minuman dan Makanan Khas Solo Jawa Tengah

Sirup Tjampolay

sirup_tjampolay
by Instagram @citraningputri

Sirup tjampolay merupakan salah satu jenis oleh-oleh khas Cirebon yang bisa kamu bawa pulang. Minuman ini merupakan favorit tidak hanya bagi masyarakat lokal, namun juga para wisatawan yang datang ke Cirebon. rasanya khas dan terdiri dari berbagai varian rasa membuat sirup ini menjadi menu wajib yang patut dicoba saat kamu berkunjung ke Cirebon. salah satu rasa yang menjadi favorit masyarakat adalah rasa pisang susu. Jika diminum rasanya manis, segar, dan juga harum apalagi ditambah dengan es batu. Sirup ini bisa kamu beli di swalayan atau toko oleh-oleh Cirebon.

Tape Ketan Daun Jambu

tape_ketan_daun_jambu
by Instagram @niconesymus

Jajanan khas Cirebon yang satu ini terbuat dari ketan putih yang difermentasikan dan dibungkus menggunakan daun jambu. Tape ketan daun jambu ini mempunyai rasa masam. Tape ketan daun jambu dapat kamu temukan di daerah Cibeureum, jawa barat.

Kerupuk Udang

kerupuk_udang
by Instagram @saksonohermawan

Kerupuk udang asli Cirebon memiliki rasa udang yang sangat khas dan lekay sekali. Rasa gurih berpadu dengan rasa udang yang pekat membuat kerupuk asli cirebon ini sangat nikmat dijadikan lauk saat makan siang ataupun makan malam. Jika kamu ingin menjadikan kerupuk ini sebagai oleh-oleh, ada baiknya kamu membeli kerupuk udang mentah saja agar mudah dibagikan begitu sampai dirumah.

Rengginang

rengginang_cirebon
by Instagram @impera631

Rengginang khas Cirebon berbahan dasar ketan. Bedanya dengan rengginang dari daerah lain adalah rasanya yang unik karena terdiri dari rasa udang, rasa keju, dan rasa-rasa unik lainnya. Teksturnya renyah, empuk, dan sangat enak setelah digoreng. Rengginang khas Cirebon cocok dijadikan camilan saat sedang bersantai.

Ikan Asin

ikan_asin
by Instagram @marfuah.jkt

Sebagai kota kecil yang terletak di pinggir laut jawa, Cirebon kaya akan hasil laut. Selain udang, ada juga sejumlah ikan laut segar yang menjadi kekayaan melimpah di Cirebon. Banyaknya nelayan yang memperoleh hasil tangkapan laut, lantas diolah sedemikian rupa sehingga menghasilkan keuntungan ekonomis. Salah satu olahan hasil tangkapan laut masyarakat Cirebon dengan cara diasinkan adalah ikan asin. Penasaran dengan rasanya? Jangan lupa mampir beli ikan asin ya kalau ke Cirebon.

Kerupuk Kulit

kerupuk_kulit
by Instagram @elisabethgalung

Makanan ringan khas Cirebon yang satu ini masih bersaudara dengan kerupuk melarat. Beda kerupuk kulit Cirebon dengan kerupuk kulit dari daerah lain adalah bahan dasar yang dipakai. Kerupuk kulit cirebon berbahan dasar kulit kerbau yang dijual dengan harga relatif murah yaitu antara 10 sampai 20 ribu perbungkusnya.

Growolan

growolan

Makanan cemilan khas Cirebon ini berwarna coklat, terbuat dari gaplek dicampur dengan parutan kelapa. Makanan tradisional yang sudah ada sejak jaman dulu ini sampai sekarang masih eksis di kalangan masyarakat dan bahkan masih menjadi jajanan favorit masyarakat asli Cirebon.

Ondal Andil

ondal_andil
by Instagram @irfanmaulanafardi

Makanan khas tradisional selanjutnya bernama ondal andil yang terbuat dari tepung tapioka. Makanan khas ini juga masih eksis tidak kalah dengan growolan.

Gadungan

gadungan_cirebon

Makanan ringan khas Cirebon yang satu ini terbuat dari singkong dan campuran kelapa. Gadungan hingga saat ini masih banyak dicari oleh masyarakat dan bahkan masih dijual secara berkeliling oleh para pedangang di sekitar wilayah Cirebon.

Gepu

gepu

Makanan ciri khas Cirebon yang satu ini berbahan utama singkong. Bentuknya bulat dengan tambahan isi berupa oncom atau dage lalu digoreng hingga matang. Gepu nikmat disantap ketika masih hangat. Saat ini banyak sekali pedagang yang menjajakan gepu di pinggir-pinggir jalan. Rasanya yang sangat lezat membuat banyak orang penasaran akan cara pembuatannya.

Rarauwan

rarauwan
by Instagram @dewiqwill

Rarauwan juga berbahan dasar tepung tapioka yang dicampur dengan parutan kelapa dan kacang gendolo. Rasanya unik dan bentuknya cukup besar untuk dijadikan cemilan.

Kunjungi :  22 Makanan Khas Cianjur Menarik, Populer dan Paling Dicari Wisatawan

Apem

apem_cirebon
by Instagram @afrillia

Kue tradisional asli Indonesia khas Cirebon ini mempunyai rasa manis. Kue apem terbuat dari tepung beras, tape ketan, ragi, dan gula yang dicampur menajdi satu dan dikukus dengan panci atau dandang. Waktu pembuatannya terbilang cukup lama karena sebelum dikukus, kue ini harus didiamkan terlebih dulu sampai mengembang.

Wajik Komplang

wajik_cirebon
by Instagram @megawatisalim

Wajik komplang merupakan jajanan tradisional keraton Cirebon yang masih eksis hingga sekarang. Isinya kismis keju dan kacang almond yang hanya bisa kamu temui setiap malam jumat kliwon saja.

Kue Gapit

kue_gapit
by Instagram @ternyata_kamu

Oleh oleh makanan khas Cirebon bernama kue gapit ini wajib kamu beli ketika berkunjung ke Cirebon. bentuknya tipis mirip dengan kue simping. Teksturnya renyah dan cocok dijadikan cemilan saat bersantai dengan keluarga. Harganya pun terjangkau dan memiliki beragam varian rasa, seperti rasa bawang, balado, manis, dan masih banyak lagi.

Emping

emping_cirebon
by Instagram @dad_dish

Emping merupakan cemilan khas Cirebon yang terbuat dari melinjo. Meskipun enak, cemilan yang satu ini kurang bersahabat dengan kamu yang menderita asam urat. Emping ini dijual matang dan juga mentah. Emping yang disajikan dalam bentuk matang, biasanya ditambah dengan bumbu manis, asin, rasa udang, ataupun rasa rumput laut yang dapat langsung kamu nikmati sembari pulang ke kampung asalmu.

Jeniper (Jeruk Nipis Peras)

jeniper_jeruknipis_peras
by Instagram @stephennatanael

Namanya unik seperti nama artis internasional. Jeniper atau jeruk nipis peras ini dikemas dalam kemasan modern siap minum. Rasanya yang segar alami cocok diminum di siang yang terik. Bagi kamu pecinta jeruk nipis, wajib membeli jeniper ini untuk persediaan minuman favorit di rumah.

Gula Batu

gula_batu
by Instagram @majanti

Gula batu adalah gula yang mempunyai tampilan berbentuk kristal berwarna putih dan keras. Gula ini lebih sehat jika dibandingkan dengan gula pasir biasa karena lebih mudah diserap oleh pankreas. Gula batu ini juga dikemas dengan berbagai varian rasa, diantaranya original, leci, dan lemon.

Tahu Petis

tahu_petis
by Instagram @putrii9394

Ciri khas makanan Cirebon adalah mempunyai rasa asin dan gurih. Begitu juga dengan tahu petis ini. Tahu yang bercita rasa asin dan gurih ini dimakan dengan cara dicocol saus petis. Petis terbuat dari udang segar yang ditumbuk hingga halus, kemudian direbus dengan air abu merang yang telah dibumbui, warnanya hitam, kental dan baunya tajam. Rasanya? Sangat nikmat!

Sambal Asem

sambal_asem
by Instagram @sambal_asem

Sambal asem khas Cirebon terdiri dari sayur-sayuran yang disiram dengan saus kacang atau asam jawa yang ditumbuk bersama dengan cabe rawit. Rasanya pas bagi kamu pecinta makanan pedas.

Aci Dikoko

aci_dikoko
by Instagram @dilla_jellita

 

Terbuat dari tepung tapioka yang dikenal dengan sebutan aci ini diolah sedemikian rupa hingga memiliki tekstur kenyal dan dipotong kecil-kecil menyerupai dadu. Cara makannya dengan disiram saus oncom dage pedas. Aci dikoko maksudnya adalah aci yang dicampur dengan kuah oncom (dikoko).

Cirebon Sultana

cirebon_sultana
by Instagram @cirebonsultana

Cirebon sultana merupakan jajanan kue kekinian milik artis Indra Bekti yang berupa pastry atau lapisan bolu padat berlapis topping aneka rasa dan dibalut dengan croissant. Ada lima varian rasa yang disajikan, yaitu double choco, choco banana, mango, cheese, dan blueberry.

Cirebon Kelana

cirebon_kelana
by Instagram @cirebonkelana

Sedangkan cirebon kelana adalah jajanan kue kekinian yang juga ada di Cirebon milik artis Ussy Sulistiawati. Cirebon kelana mempunyai varian rasa yang lebih beragam, diantaranya cheesy lovers, double choco crunchy, gedong kaya, green tea red bean, red velvet, durian puff, dan choco vanilla.

Nah, dari sekian banyak sajian makanan khas Cirebon sudah terpikirkah kamu makanan mana yang akan dijadikan oleh oleh khas Cirebon untuk dibawa pulang ke kota asalmu? Semoga ulasan ini dapat menambah wawasan kamu tentang kota Cirebon, khususnya mengenai wisata kuliner Cirebon. Baiklah, sekian ulasan dari kami, sampai bertemu di ulasan wisata kuliner daerah lain berikutnya ya!

Leave A Reply

Your email address will not be published.

/* */