Surganya Wisata Indonesia

22 Makanan Khas Cianjur Menarik, Populer dan Paling Dicari Wisatawan

0

Bertemu lagi dengan tempatwisataindonesia.id para pembaca! Baiklah, pada kesempatan kali ini, kami akan mengajak anda berjalan jalan ke daerah Cianjur, salah satu wilayah yang terletak di provinsi Jawa Barat. Selain terkenal dengan tempat wisata Cianjur yang menarik, daerah ini juga memiliki segudang makanan khas Cianjur yang mampu menggoyang lidah. Langsung saja, berikut ini ulasan mengenai makanan khas Cianjur yang patut anda coba saat berkunjung ke Cianjur, Jawa Barat :

Laksa Cianjur

Laksa_cianjur
Instagram by @dodyang

Laksa Cianjur sebagai makanan khas Cianjur Jawa Barat memiliki rasa yang lezat dan tentunya enak. Makanan ini banyak digeamri baik oleh warga lokal maupun wisatawan yang berkunjung ke Cianjur, Jawa Barat. Jika anda berkesempatan mengunjungi Cianjur, anda juga wajib mencicipi sajian kuliner ini karena dijamin rasanya tidak akan mengecewakan dan harganya cukup terjangkau. Laksa Cianjur ini mirip dengan laksa Bogor karena letak daerah Cianjur dan Bogor yang saling berdekatan, sehingga jenis makanan khasnya pun mirip satu dengan yang lainnya. Meskipun mirip, namun setelah merasakannya, pasti anda akan dapat membedakan rasa dari laksa Cianjur dan laksa Bogor. Laksa Cianjur yang enak dan lezat ini dapat anda temukan di Jalan Mokhamad Ali karena di jalan tersebut ada beberapa penjual makanan khas Cianjur ini.

Roti Manis Tan Keng Cu

roti_tankencu
Instagram by @valentinalimbong

Bagi anda pecinta sajian kuliner berupa roti, diwajibkan untuk mencoba kuliner yang satu ini, yaitu roti manis. Kuliner roti Cianjur ini sudah sangat lama diproduksi dan masih eksis sampai sekarang serta menjadi favorit masyarakat lokal daerah Cianjur juga para wisatawan yang berkunjung ke Cianjur. Roti manis ini sudah diproduksi sejak tahun 1926 silam. Salah satu roti manis yang cukup terkenal adalah roti manis tan keng cu. Cara pembuatannya masih sangat tradisional. Pembakaran roti pun masih menggunakan batu bara, sehingga cita rasa yang dihasilkan dari roti ini menjadi ciri khas tersendiri dan tentunya sangatlah lezat. Roti manis tan keng cu dapat anda temukan di xxx

Mie Ayam Mang Memed

mie_ayam_khas_enak
Instagram by @mark_lamoh

Para penggemar olahan mie ayam harus mencoba sajian kuliner yang satu ini. Mie ayam Mang Memed sudah sangat terkenal di Kota Cianjur dan berlokasi di dekat toko roti manis Tan Keng Cu yang juga sangat legendaris. Nah, cocok banget jika anda sedang mampir membeli roti manis Tan Keng Cu sebagai oleh oleh, anda bisa sekalian bersantap siang di mie ayam Mang Memed ini. Satu porsi mie ayam Mang Memed berisikan mie, ayam, dan juga kuah khas mie ayam seperti banyak kita ketahui. Apa sih yang membedakan mie ayam Mang Memed dengan jenis mie ayam lainnya? Tentunya mie ayam Mang Memed mempunyai rasa yang sangat lezat dan juga gurih. Pokoknya anda harus mencoba langsung mie ayam Mang Memed ini, dijamin akan puas dan mungkin bisa ketagihan ingin memakannya lagi.

Sate Ayam Bumi Nini

sate_buminini
Instagram by @achielsebastian

Di Cianjur, ada sate ayam yang cita rasanya sangat menggoda dan tentunya sangatlah lezat dibandingkan dengan jenis sate lainnya. Sate yang terkenal akan kelezatan rasanya ini adalah sate ayam Bumi Nini. Sate ayam Bumi Nini sangat digemari oleh masyarakat lokal Cianjur dan bahkan menjadi salah satu makanan yang cukup terkenal di seantero Jawa Barat. Sate ayam Bumi Nini dijual di warung makan yang berada di Jalan Raya Puncak Cisarua KM 81. Sekalian deh, ketika anda ingin berwisata ke Puncak, bisa mampir ke warung makan ini dan buktikan kelezatannya. Ditambah lagi dengan sejuknya udara di daerah puncak, pasti akan menambah kenikmatan dalam menyantap sate ayam Bumi Nini ini. Sate ayam Bumi Nini lebih enak disantap ketika masih dalam keadaan hangat dengan tambahan lontong dan segelas teh hangat.

Geco

geco_tauge_tauco
Instagram by @tammymaulany

Selanjutnya ada geco makanan khas Cianjur. Geco merupakan singkatan dari tauge dan tauco, ciri khas penamaan masakan Sunda yang selalu disingkat singkat dan menghasilkan nama yang unik sehingga lebih mudah diingat. Meskipun namanya unik, namun geco ini mempunyai rasa yang tidak kalah lezat dengan beberapa makanan khas Cianjur lainnya. Geco sebagai salah satu makanan khas daerah Cianjur ini memiliki tampilan yang mirip dengan kupat tahu. Hanya saja berbeda pada sajian saus tauconya. Penasaran kan? Sebaiknya anda langsung datang ke Jalan Siti Jenab, Cianjur untuk membuktikan sendiri perbedaan geco dengan kupat tahu sekaligus merasakan langsung ciri khas makanan ini. Satu porsi geco cukup menyembuhkan rasa lapar anda setelah seharian berkeliling Cianjur.

Kunjungi :  32 Minuman dan Makanan Khas Tulungagung yang Wajib Kalian Cicipi

Kentang Stick

kentang_stick
Instagram by @elleanoor.xaviera

Kentang stick bisa dibilang cemilan khasnya Cianjur. Rasanya enak dan lezat seperti makanan khas dari Cianjur lainnya. Kentang stick biasanya dihidangkan sebagai makanan ringan saat sedang bersantai bersama keluarga atau nongkrong bersama teman-teman. Kudapan favorit warga masyarakat Cianjur ini juga menjadi salah satu cemilan yang sering diburu oleh wisatawan yang sedang berkunjung ke Cianjur, Jawa Barat. Makanan ini terbuat dari umbi kentang yang dipotong kecil memanjang menyerupai stick kemudian diolah dengan cara dimasak dan ditaburi dengan bumbu khas. Jika anda ingin membeli dan mencicipi sajian kuliner kentang stick khas Cianjur ini, maka anda bisa mampir ke Jalan Yulius Usman Cianjur karena di salah satu tempat di jalan tersebut menyediakan berbagai macam kentang stick yang telah diolah dan dimodifikasi dengan berbagai rasa yang enak dan lezat.

Asinan dan Manisan Buah

manisan_buah
Instagram by @rya_lubis90

Cemilan khas Cianjur selanjutnya adalah asinan dan manisan buah. Asinan buah Cianjur terkenal akan rasanya yang enak dan lezat. Selain nikmat disantap langsung setelah selesai dibayar, asinan buah ini juga cocok dijadikan oleh oleh khas Cianjur bagi keluarga dirumah atau teman teman kantor anda. Asinan buah merupakan oleh oleh khas dari Cianjur yang banyak diburu juga oleh wisatawan. Asinan buah Cianjur sebenarnya mirip dengan asinan yang sama dari Bogor. Asinan buah ini terdiri dari macam macam buah yang dicampur menjadi satu dalam suatu wadah kemudian disiram menggunakan kuah asinan berbumbu khusus yang khas. Rasanya sudah pasti sangat enak dan nagih. Terbukti karena hampir setiap wisatawan yang berkunjung ke Cianjur pasti akan membeli asinan buah khas Cianjur ini. Selain asinan, ada juga manisan buah khas Cianjur. Sama saja dengan asinan, manisan Cianjur juga dibuat dari olahan buah dan sayuran yang bercita rasa asam manis atau asam pedas. Beberapa buah yang sering dijadikan manisan diantaranya adalah salak, kedondong, dan juga mangga. Sedangkan beberapa jenis sayur yang biasa dijadikan manisan diantaranya adalah bayam, sawi, atau terong.

Batagor Cianjur

batagor_cianjur
Instagram by @titiptamara

Siapa bilang batagor cuma ada di Bandung? Nyatanya batagor juga menjadi salah satu makanan khas dari Cianjur loh. Memang sih, batagor ini menjadi kegemaran banyak orang dan mudah ditemukan dimana mana bahkan di luar provinsi Jawa Barat sekalipun. Karena memang rasanya enak, gurih, dan lezat. Campuran batagor dan siraman kuah bumbu kacang serta tambahan kecap manis dalam satu porsi cukup membuat perut anda yang tadinya lapar menjadi kenyang. Tidak lupa tambahan mentimun atau acar khas yang menambah cita rasa batagor Cianjur ini. Bisa jadi batagor ini adalah jenis makanan yang menjadi favorit anda. Jika berkesempatan mengunjungi Cianjur, disini ada salah satu warung batagor yang terkenal di Cianjur karena rasanya enak dan harganya sangat murah, sangat pas dengan kantong mahasiswa deh pokoknya. Maka dari itu, anda harus dan wajib mencoba batagor khas Cianjur ini ya.

Tauco

tauco_enak_sekali
Instagram by @dewin76

Berikutnya ada lagi makanan khas Cianjur tauco. Salah satu merk tauco yang terkenal di Cianjur adalah Tauco Cap Meong yang diproduksi oleh Nyonya Tasma. Bagi anda yang ingin mencoba dan membeli tauco ini, anda bisa datang ke Jalan HOS Cokroaminoto, Cianjur yang merupakan rumah produksi Tauco Cap Meong by Nyonya Tasma ini. Tauco Cap Meong ini merupakan tauco yang legendaris dan selalu ramai ketika musim liburan tiba. Aroma dari tauco buatan Nyonya Tasma ini harum dan selalu disajikan dengan wadah kuali tanah liat saat panas. Satu botol tauco Cap Meong dijual dengan harga 15 ribu rupiah saja. Ternyata tauco Cap Meong ini sudah diproduksi sejak tahun 1880 dan masih eksis hingga sekarang. Bahkan bahan dan proses pembuatannya pun masih sama.

Kunjungi :  28 Makanan Khas Jember yang Lezatnya Tiada Duanya dan Wajib Dicoba

Moci

moci_khas_enak
Instagram by @mochitalk

Satu lagi cemilan dan oleh oleh khas Cianjur yang terbuat dari campuran kacang tanah dan terigu yang dilumuri tepung dan diolah dengan cara khusus sehingga menghasilkan sajian kuliner yang menggugah selera. Moci Cianjur biasnaya dijual dalam kotak kotak kecil yang terbuat dari bambu atau dikenal dengan nama besek. Satu kotak biasanya dijual dengan harga 4 sampai 5 ribu rupiah saja. Murah banget ya? Makanya anda harus membeli moci khas Cianjur ini jika sedang berkunjung ke Cianjur, Jawa Barat.

Bubur Cianjur

bubur_cianjur
Instagram by @jessika_goh

Bubur Cianjur yang enak ada di sekitar Alun Alun Cianjur. Satu porsi bubur Cianjur berisi kacang, seledri, bawang goreng, kerupuk, dan suwiran daging ayam tanpa diberi kuah kuning atau kuah santan. Namun ada satu yang spesial yaitu adanya tambahan potongan jeroan ayam seperti ati, ampela, dan usus yang dimasak menggunakan bumbu basah berwarna kuning dan dilengkapi dengan gorengan berupa risol. Rasa bubur Cianjur lebih gurih dan tidak encer. Satu porsi bubur Cianjur dibanderol dengan harga 5 ribu rupiah saja, namun harga itu belum termasuk tambahan lauk yang anda makan ya.

Roti Popon

roti_popon

Makanan khas Cianjur Selatan ini dapat anda temukan di dekat Alun Alun Cianjur yang terletak di jalan raya dari arah Bandung. Roti popon dijual di toko tua yang ada disekitar alun alun tersebut. Memang tidak ada plang nama tokonya, namun sajian kulinernya dikenal dengan nama Roti Popon. Roti ini merupakan olahan roti homemade dengan rasa andalan coklat atau pisang coklat. Roti popon ini bahkan rasanya tidak kalah dengan roti roti yang dijual di mall seperti breadtalk, harvest, parsley dan produk bakery lainnya.

Nasi Pepes

nasi_pepes
Instagram by @beebean_miumiu

Masih dalam kawasan yang sama dengan penjual roti popon, ada nasi pepes yang rasanya sangat lezat. Rasanya dominan gurih dengan bumbu khasnya serta tambahan kaldu ayam. Tekstur dari nasi pepes ini sangat lembut karena nasinya dimasak dua kali. Yang pertama dimasak setengah matang atau aron kemudian dicampur dengan bumbu dan ayam setelah itu baru dipepes. Aroma ayam dan kemangina juga sangat terasa. Nasi pepes yang enak ini dapat anda temukan di warung Pundi yang berada di Jalan Rumah Sakit, tepatnya di seberang minimarket Indomaret.

Sate Maranggi

sate_maranggi_cianjur
Instagram by @icapicipicep

Makanan khas Cianjur yang satu ini berada di perbatasan Cianjur dan Bogor, tepatnya di Jalan Raya Cipanas dekat dengan pertigaan Cipendawa sebelum turunan simpang raya bila anda berkendara dari arah Cianjur. Bumbu dari sate maranggi sebenarnya sederhana saja, yaitu bumbu bacem yang dilumurkan pada sate dari olahan daging sapi kemudian dibakar hingga bumbu meresap. Tekstur sate maranggi ini empuk dan tidak alot. Kuliner sate maranggi dapat anda jadikan destinasi wisata kuliner malam Cianjur karena warung satenya buka pada tengah malam saja. Satu tusuk sate maranggi dijual dengan harga 2.500 rupiah saja ditambah dengan nasi yang dibungkus dengan daun pisang yang juga diberi harga 2.500 rupiah perbungkusnya.

Keripik Singkong

keripik_singkong_pedas
Instagram by @kripikpedaslmartha

Sesuai dengan namanya, makanan ini dibuat dari singkong yang dikupas kemudian diiris tipis dan direndam dengan air bumbu. Keripik singkong dibuat dalam dua jenis, yaitu keripik singkong biasa atau keripik singkong pedas. Keripik singkong sering disajikan sebagai cemilan ketika ada acara keluarga atau sekedar duduk duduk santai di sore hari.

Tauco Cookies

tauco_cookies
Instagram by @dhiztya.yudhizt

Di atas tadi sudah dibahas mengenai tauco kan. Nah, saat ini ada pengrajin kue di Cianjur yang berinovasi dengan membuat tauco menjadi kue kering yang lezat dan bercita rasa khas. Dikenal dengan nama tauco cookies, kue ini sering disajikan sebagai menu hidangan saat lebaran di Cianjur. Tauco cookies disajikan dalam 4 varian rasa, yaitu coklat, topping kurma, original, maupun pisang coklat. Satu toples tauco dijual dengan harga 30 ribu rupiah saja. Sayangnya, kue ini hanya disajikan saat lebaran saja sehingga jika anda berkunjung ke Cianjur mungkin anda akan sedikit sulit menemukan penjual kue tauco cookies ini.

Kunjungi :  20 Makanan Khas Madiun Jawa Timur Paling Endak dan Nagih Wisatawan

Bandrek

bandrek_khas
Instagram by @otakngunyah

Minuman tradisional khas Cianjur yang legendaris ini mempunyai aroma rempah yang sangat terasa dengan rasa yang sedikit pedas dan campuran kayu manis gula aren yang membuat rasanya semakin nikmat. Anda penasaran? Untuk itu anda harus mencoba bandrek khas Cianjur ini saat berada di Kota Cianjur. Salah satu sentra pembuatan dan penjualan bandrek di Cianjur berada di Desa Sukamaju yang masih membuat sajian minuman ini dengan cara tradisional dan berbahan alami.

Pesmol Kembung

pesmol_kembung
Instagram by @melyzebua

Selanjutnya akan kami ulas mengenai resep makanan khas Cianjur yang dikenal dengan nama pesmol kembung. Pertama tama siapkan alat dan bahan untuk memasak pesmol kembung. Selanjutnya goreng ikan kembung yang sudah diberi lumuran air jeruk dan garam sampai matang namun jangan terlalu kering. Kemudian haluskan bumbu bumbu dan tumis bersama dengan daun salam dan daun jeruk yang digeprek hingga harum. Setelah itu, masukkan air sebanyak kurang lebih 150 ml dan tambahkan gula, garam, serta kaldu hingga mendidih. Setelah rasanya pas, masukkan ikan kembung yang telah digoreng tadi dan aduk hingga kuah bumbu menyusut. Setelah semuanya tercampur rata, maka pesmol kembang siap dihidangkan dengan sepiring nasi hangat.

Ikan Bakar Cianjur

ikan_bakar_khas_cianjur
Instagram by @lysa_tangkulung

Ikan bakar Cianjur selain dikenal di kota asalnya juga banyak dikenal di kota kota besar di Indonesia, khususnya Pulau Jawa. Banyak sekali dapat anda temukan restoran yang mengusung nama Ikan Bakar Cianjur di kota kota besar tersebut. Seperti nama restonya, tentu menu andalannya adalah ikan bakar Cianjur yang dibuat dari berbagai jenis ikan air tawar, salah satunya adalah ikan mas. Bagi anda yang ingin mencoba ikan bakar Cianjur, anda tidak perlu datang ke restonya karena bisa membuatnya sendiri dirumah. Berbekal alat dan bahan yang dimiliki kemudian searching resepnya di internet, pasti anda bisa memasak ikan bakar Cianjur dengan rasa yang tidak kalah enak dengan yang dijual di restoran tersebut.

Sambel Hejo

sambel_hejo
Instagram by @sambelhejo_

Nah, selanjutnya ada makanan khas Cianjur dan cara membuatnya berupa sambal hejo. Sambal ini berbahan dasar cabai rawit hijau, tomat hijau, kencur, dan garam. Pertama tama rebus tomat dan rawit hijau. Setelah itu ulek bersama dengan kencur dan garam. Tambahkan sedikit penyedap rasa dan sambel hejo siap disajikan bersama dengan ikan bakar atau ikan goreng untuk makan siang.

Beras Pandanwangi

beras_pandan_wangi
Instagram by @bahagiaintiboga

Beras pandanwangi merupakan beras lokal khas Cianjur. Beras pandanwangi setelah dimasak akan memiliki aroma pandan yang khas. Varian beras ini sudah dikenal sejak tahun 1973 dan saat ini sudah masuk ke daerah daerah lain di sekitar Cianjur. Karena rasa berasnya setelah dimasak yang sangat enak dan beraroma khas, maka beras pandanwangi ini dijual dengan harga yang cukup mahal, yaitu harganya dua kali lipat dari harga beras biasa.

Marici Putumayang

putu_mayang
Instagram by @alexfoodism

Terakhir, ada makanan ringan khas Cianjur bermerk marici. Marici sebenarnya singkatan dari Makanan Ringan Cianjur. Bercita rasa gurih dan teksturnya renyah membut marici banyak diburu oleh para wisatawan. Marici tersaji dalam beberapa bentuk, yaitu olahan putumayang, rengginang, dan juga renggining. Marici putumayang dibuat dari tepung beras yang dibentuk mirip mie dan dikukus, nantinya disajikan bersama dengan santan dan saus gula. Sedangkan marici rengginang merupakan kerupuk tebal yang juga dibuat dari beras ketan yang telah dikeringkan dengan cara dijemur dan kemudian digoreng. selanjutnya yang terakhir ada marici renggining sama sama kerupuk tebal yang terbuat dari tepung beras dan tepung tapioka yang dihaluskan. Bahan dan bumbu membuat renggining, sama dengan putu mayang hanya saja ada ciri khas tersendiri dari renggining yang sulit untuk dijelaskan. Maka dari itu anda harus memborong ketiga jenis marici ini sebagai oleh oleh agar tidak penasaran.

Sekian dulu ulasan makanan khas Cianjur dari kami. Semoga bermanfaat dan dapat menjadi referensi anda dalam berburu kuliner Cianjur.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

/* */