Surganya Wisata Indonesia

35 Makanan Khas Banyumas yang Paling Terkenal dan Wajib Dicoba

0

Banyumas, sebagai daerah yang terkenal dengan logat ngapaknya memiliki berbagai macam potensi daerah yang layak untuk dikembangkan. Selain memiliki banyak sekali tempat wisata Banyumas juga memiliki berbagai sajian kuliner khas yang menggugah selera dan Indonesia banget. Nah, pada ulasan kali ini, tempatwisataindonesia.id akan memberikan beberapa daftar makanan khas Banyumas yang populer serta menggugah selera dan wajib anda coba ketika berkunjung ke Banyumas. Langsung saja berikut ulasannya :

Soto Sokaraja

soto_sokaraja
Instagram by @fiqooh

Yang pertama ada makanan khas Banyumas yang kenikmatan dan kelezatannya hanya bisa anda temui di daerah Sokaraja, Banyumas. Soto Sokaraja ini sebenarnya sama dengan soto pada umumnya, yang membedakan dan menjadi ciri khas kuliner ini adalah penggunaan ketupat dan sambal kacang. Selain itu kerupuk yang digunakan adalah kerupuk canthir dari bahan ketela pohon yang juga mempunyai rasa khas.

Klanting atau Lanting Bumbu

lanting_bumbu
Instagram by @cemilanting

Makanan khas Purwokerto Banyumas ini disebut klanting karena bentuknya mirip dengan anting. Makanan ini terbuat dari bahan singkong yang diparut dan diperas airnya kemudin dicampur dengan bumbu-bumbu lalu digoreng hingga berubah warna. Rasanya enak dan gurih. Sangat cocok untuk dijadikan oleh-oleh. Selain murah, makanan yang satu ini sangat mudah ditemukan di toko oleh-oleh purwokerto.

Nopia

nopia
Instagram by @virmansyah

Makanan khas Banyumas nopia mempunyai bentuk yang dan rasa yang unik. Selain itu, cara membuatnya pun unik yaitu dengan cara ditempel di tungku khusus dengan suhu yang panas. Makany sering ada bagian dari nopia yang hangus. Bahan utamanya adalah tepung terigu yang diisi gula jawa atau kacang atau coklat. Tinggal pilih saja sesuai dengan selera.

Gethuk Goreng Sokaraja

gethuk_goreng_sokaraja
Instagram by @intandiamond30

Makanan khas Banyumas selanjutnya adalah getuk goreng sokaraja. Berbeda dari getuk pada umumnya karena pembuatannya memerlukan dua kali proses. Yang pertama yatu dengan mengukus bahan utamanya berupa singkong pilihan. Kemudian singkong yang sudah di kukus dilumatkan bersama gula jawa, campurkan juga dengan tepung terigu dan tepung beras. Bentuk menjadi kotak-kotak kecil. Proses selanjutnya adalah menggoreng hingga aromanya harum dan berubah warna. Getuk ini memiliki citarasa yang khas yaitu perpaduan manis gula jawa dan singkongnya.

Jenang Jaket atau Wajik Klethik

wajik_klethik
Instagram by @henny_henzz

Di Banyumas jenang jaket ini termasuk makanan wajib yang ada di acara pernikahan. Daerah yang terkenal dengan jenang jaketnya adalah daerah Mersi. Disana anda bisa mencoba jenang yang baru matang dan juga bisa melihat cara membuatnya. Untuk rasanya yaitu perpaduan rasa kenyal dan manis gula jawa.

Keripik

keripik_pedas_enak
Instagram by @peys_kitchen

Makanan khas Banyumas ini merupakan salah satu yang wajib anda bawa untuk oleh-oleh ketika anda berkunjung ke Banyumas. Keripik ini terbuat dari tempe yang diris tipis-tipis kemudian dilumuri dengan tepung lalu digoreng hingga kering sehingga ketika dimakan akan terasa sangat renyah dan gurih. Keripik tempe sebagai makanan khas Banyumas dan kandungan nutrisinya sangat baik untuk tubuh berupa potein, bahkan keripik ini bisa bertahan lama hingga satu bulan tanpa diberi bahan pengawet kimia.

Cimplung

cimplung_enak
Instagram by @sriratu_pedesmanis

Makanan khas Banyumas yang satu ini berasal dari kata cemplung yang artinya masuk ke dalam air. Air disini yang dimaksud adalah air nira dalam pembuatan gula merah. Pembuatannya pun hanya bisa dilakukan oleh mereka para pembuat gula jawa. Proses pembuatannya yaitu dengan merebus singkong atau degan (kelapa muda) ke dalam rebusan air nira kelapa atau dikenal dengan nama badeg. Tentunya makanan ini memiliki rasa yang manis alami berasal dari rasa gula jawa.

Kunjungi :  29 Daftar Minuman Makanan Khas Jambi yang Ciamik beserta Penjelasannya

Kraca

kraca_enak
Instagram by @zackykurniawan_

Kuliner khas Banyumas lainya adalah kraca. Kraca merupakan makanan khas Banyumas dan bahan dasarnya berupa keong kecil yang biasanya didapat dari sawah yang diberi kuah. Rasanya gurih dan nikmat dengan campuran bumbu bawang, pala, merica, garam serta bumbu-bumbu lainnya. Cara memakan kraca ini adalah dengan menyedot keong yang sudah dibuang penutupnya atau bisa juga dicukil menggunakan lidi ataupun gigi garpu. Makanan ini sangat banyak dijual menjelang bulan puasa di Banyumas.

Tomplo atau Templek

templek_pwt
Instagram by @asepruditya

Sesuai namanya, makanan ini dibuat dengan bahan yang sederhana dan cara yang sederhana pula. Berbahan utama sisa pembuatan tahu atau biasanya disebut ranjem. Ranjem ini ini dicampur dengan bumbu kemudian dibentuk bundar tipis lalu dicelupkan ke adonan terigu. Enak jika dinikmati saat makanan masih panas.

Kluban

kluban
Instagram by @gracecand

Makanan khas Banyumas Jawa Tengah berikutnya, mirip dengan sayur urap. Sama-sama terbuat dari sayur yang direbus kemudian dicampur dengan parutan kelapa yang sudah dibumbui dan diberi sambel. Bedanya kalau urap parutan kelapanya dimasak dahulu, sedangkan kalau kluban langsung dicampur dengan sayur.

Gesret

gesret
Instagram by @ninukkomariyah

Olahan khs Banyumas ini terbuat dari bahan utama berupa singkong. Proses membuatnya cukup mudah, pertama tama singkong yang telah dibersihkan kemudian di gesret atau diparut dengan parutan khusus sehingga bentuknya menjadi panjang seperti mie kwetiau. Setelah itu gesret dicampur dengan gula jawa dan bumbu lain kemudian dikukus. terakhir, gesret disajikan dengan ditaburi parutan kelapa.

Jalabia

jalabia
Instagram by @instapurwokerto

Makanan khas Banyumas yang satu ini juga terbuat dari singkong bentuknya sama seperti donat. Dibuat dari singkong yang diparut kemudian dibentuk seperti donat lalu digoreng hingga mengambang. Sangat cocok untuk diadikan cemilan ketika bersantai.

Intil

intil
Instagram by @23nurarifin

Makanan khas Banyumas yang terbuat dari singkong dalah intil. Proses pembuatannya hampir mirip dengan pembuatan jalabia. Namun, intil menggunakan parutan singkong yang lebih halus. Kemudian, hasil parutan singkong diperas dan dicampur dengan gula jawa serta bumbu-bumbu lainnya. Setelah itu, singkong dikukus hingga matang. Intil ini dapat digunakan sebagai pengganti nasi meskipun rasanya manis.

Kepok

kepok_pisang
Instagram by @jodeelem

Kepok adalah makanan khas Banyumas dan bahan bakunya terbuat dari beras ketan. Proses membuatnya juga cukup mudah seperti membuat nasi dengan ditanak, kemudian ketan di bentuk menggunakan mangkuk setelah itu ditaburi dengan parutan kelapa yang telah terlebih dulu ditaburi garam secukupnya.

Tegean

tegean
Instagram by @dealtonprayogo

Tegean adalah sayur bening khas Banyumas. Isinya bermacam-macam sayuran yang diracik menggunakan bumbu khusus sehingga menjadi sayuran yang enak dan lezat. Terkadang sayur ini juga dicampur dengan irisan daging sapi atau daging ayam serta mie bihun.

Mendoan Tempe

mendoan_tempe
Instagram by @nunahusna03

Mendoan khas Banyumas sama seperti mendoan di daerah lainnya. Sama sama terbuat dari tempe sesuai dengan namanya. Makanan khas Banyumas dan cara pembuatannya cukup mudah, tempe awalnya dipotong tipis kemudian dilumuri dengan adonan tepung terigu beserta bumbunya. Setelah itu digoreng hingga setengah matang dan angkat dari penggorengan. Nah, mendoan tempe khas Banyumas siap dihidangkan dengan saus kecap.

Cenil

cenil_ecoo
Instagram by @tulungagungtourism

Cenil merupakan makanan ringan khas Banyumas yang terbuat dari bahan utama berupa singkong dan tepung kanji yang diberi taburan parutan kelapa. Biasanya cenil dibuat dengan campuran pewarna makanan sehingga disajikan berwarna-warni agar lebih menarik.

Kunjungi :  23 Makanan Khas Bengkulu beserta Gambar dan Penjelasannya

Ondol atau Combro

Combro
by instagram @arya.imatsuryaman

Olahan lain dari Banyumas ini juga berbahan dasar singkong yang diparut kemudian diperas kandungan airnya. Setelah itu, diberi campuran bumbu yang khas untuk kemudian dibentuk menjadi bulat dan terakhir digoreng menggunakan minyak panas di wajan yang telah disiapkan.

Kampel atau Kampelan

kampel_kampelan
Instagram by @prinsessakakku

Kampel dalam bahasa lokal Banyumas mempunyai arti peluk. Kampelan berarti adalah pelukan. Maksudnya, makanan ini dibuat dari pelukan antara ketupat dengan jenis makanan lainnya seperti tempe, tahu, atau dage. Setelah dikampelkan atau disatukan, bahan tersebut lalu dicelup ke dalam adonan tepun terigu yang telah diberi bumbu kemudian digoreng.

Tempe Bongkrek

tempe_bongkrek
Instagram by @diasnya_ketto

Makanan yang hampir punah ini dulunya pernah merenggut nyawa berpuluh puluh orang Banyumas. Maka dari itu, Pemerintah Banyumas berniat memusnahkan tempe bongkrek yang merupakan makanan khas orang Banyumas pelosok. Tempe bongkrek terbuat dari ampas kelapa yang difermentasikan.

Dage

dage_enak
Instagram by @desa_cempaka

Dage adalah makanan varian tempe dengan campuran bahan ampas kelapa yang digumpalkan dan dijamurkan. Variasi lain dari dage adalah dibuat oseng dengan campuran kecambah serta lombok merah dan hijau. Dage biasanya dijual bersama tempe mendoan.

Lupis

lupis_enak
Instagram by @jogjabikinlaper

Jajanan pasar lupis ini terbuat dari beras ketan yang dimasak dengan dibungkus daun pisang. Rasanya enak dan lebih bisa mengenyangkan perut.

Ciwel

ciwel
Instagram by @kuliner_bandung

Makanan khas Banyumas ciwel merupakan jajan pasar yang berwarna hitam kecoklatan dan terasa alot. Ciwel terbuat dari tepung singkong yang direndam dalam cairan rendaman jerami padi sehingga bersifat basa. Biasanya ciwel ini dijual satu paket brsama cenil dan lupis yang diberi cairan gula merah.

Badeg

es_badeg
Instagram by @doyankuliner

Badeg merupakan minuman yang berasal dari sari bunga kelapa atau dikenal sebagai bahan gula merah dan gula jawa yang tidak direbus. Biasanya cairan ini perlu difermentasikan selama 1 sampai 2 hari agar memiliki aroma dan rasa yang enak. Jangan terlalu lama difermentasikan, karena jika terlalu lama minuman ini bisa jadi memabukkan.

Lembutan

lembutan
Instagram by @ophie_nov

Kuliner khas Banyumas yang satu ini dibuat dari bahan utama berupa ikan lembutan. Ikan lembutan adalah ikan tawar kecil-kecil, yang diambil dari Sungai Serayu, Logawa, dan sungai-sungai kecil yang ada di kabupaten Banyumas. Menu ikan lembutan ini bisa anda temukan di warung-warung makan atau restoran modern di daerah Purwokerto. Salah satunya yaitu Warung Gudril yang mempunyai menu andalan ikan lembutan goreng. Warung ini terletak di Jalan raya Sidabowa, dari perempatan Tanjung ke Selatan sekitar 5 kilometer berada di kanan jalan jika anda berangkat dari arah Purwokerto.

Buntil

buntil
Instagram by @nukman

Buntil merupakan salah satu jenis lauk pauk atau kudapan khas Banyumas yang terbuat dari daun pepaya, daun singkong ataupun daun talas (daun lumbu). Makanan ini memerlukan proses pembuatan yang hati-hati dikarenakan daun talas bisa menimbulkan rasa gatal. Resep makanan khas Banyumas buntil ini dibuat dari dari parutan kelapa muda yang sudah diberi bumbu semacam bumbu kluban kemudian digulung dan diikat dengan menggunakan tali dari bambu. Untuk menambah selera dapat ditambahkan teri, bawang, cabai, lengkuas, asam, garam, ebi atau udang rebon ke dalam bumbu ampas kelapa muda. Selanjutnya dikukus sampai matang. Untuk penyajiannya disiram dengan kuah santan bumbu pedas dengan cabe rawit yang masih utuh.

Kunjungi :  48 Makanan Khas Padang Sumatera Barat Cocok untuk Oleh Oleh

Gembus

gembus_asli_banyumas
Instagram by @fajariah28

Makanan khas Banyumas gembus terbuat dari singkong yang diolah dengan cara khusus dan dibentuk seperti gelang bertekstur kering. Gembus sering dikenal sebagai donat jawa oleh masyarakat Banyumas. Berbeda dengan gembus dari daerah lain, di Banyumas makanan ini lebih mirip dengan geblek yang berasal dari daerah Purworejo. Makanan ini enak disajikan dalam keadaan hangat dengan dicocol saus sambal atau disajikan bersama pecel.

Cau

cau_banyumas
Instagram by @hobbykulinerr

Cau merupakan cincau yang dibuat dari daun cau. Cau mirip dengan cincau namun warna dan teksturnya sedikit berbeda. Cau selain enak juga mempunyai manfaat yang banyak untuk tubuh. Agar lebih nikmat, cau biasanya disajikan sebagai campuran dari es.

Kerupuk Ampas Tahu

ampas_tahut
Twitter by @bloggerbanyumas

Seperti namanya, kerupuk ini terbuat dari ampas tahu yang dikenal dengan nama ranjem. Diolah dengan cara dikukus, diiris dan terakhir dijemur. Rasanya dominan gurih.

Es Duren

es_duren_enak
Instagram by @teti_relina

Di siang yang terik enaknya memang menyegarkan tenggorokan dengan minum es duren. Tekstur durian yang legit dan empuk dicampur dengan santan dan susu coklat menjadi olahan minuman khas yang pas. Harga es duren cukup murah yaitu 8 ribu rupiah saja per porsinya.

Penjorangan

penjorangan
Instagram by @slankynonafals

Penjorangan adalah cemilan khas Banyumas yang terbuat dari ketupat yang digoeng. Makanan ini biasanya dibentuk mirip bantal, karena dibuat dari ketupat yang dibelah. Ketupat yang digunakan adalah jenis ketupat yang dibungkus plastik. Ketupat ini dibelah lalu dilumuri adonan tepung dan bumbu kemudian digoreng setengah matang seperti menggoreng mendoan.

Keong Kuah Pedas

kreco_keong
Instagram by @mbakdhenok

Jika anda belum pernah mencoba mungkin akan terasa jijik dengan makanan ini, namun keong ini beda jenisnya dengan bekicot yang sangat berlendir sehingga aman untuk dimakan. Salah satu yang warung makan yang menyediakan menu andalan keong kuah pedas adalah Warung Bu Lan yang terletak di kompleks Kauman Lama dekat dengan Pasar Wage. Makanan ini juga kaya akan protein tetapi rendah lemak sangat baik untuk tubuh.

Tahu Gecot

tahu_gecot
Instagram by @tanandreass

Tahu Gecot dibuat dari racikan bumbu seperti kacang goreng, bawang putih, bawang goreng, garam dapur, cabe rawit, kencur, air asam jawa, dan gula jawa. Satu piring tahu gecot berisikan kupat yang dipotong-potong, rajangan kubis, tauge, tahu goreng, dan disiram dengan bumbu yang sudah diuleg dan diberi taburan bawang goreng. Makanan ini hampir sama dengan kuliner khas berupa kupat tahu.

Dawet Ayu

dawet_ayu_khas
Instagram by @viaa0302

Minuman ini termasuk salah satu yang khas di Banyumas dan sekitarnya. Rasanya sangat segar dan sangat cocok ketika diminum saat cuaca panas. Satu porsi dawet ayu berisikan cendol yang dicampur santan serta gula jawa.

Kenyol

kenyol_banget
Instagram by @wasabbie

Terakhir ada makanan ringan khas daerah Banyumas yang dikenal dengan nama kenyol. Kenyol dibuat dari campuran tepung ketan dan tepung kanji yang dihidangkan bersama parutan kelapa dan gula merah cair. Jangan ditanya soal rasa, sudah pasti sangat enak dan lezat cocok dijadikan teman minum teh atau secangkir kopi sembari bersantai di sore yang cerah.

Inilah 35 jenis makanan khas Banyumas yang bisa tempatwisataindonesia.id informasikan kepada anda sekalian. Jika anda berkesempatan mengunjungi daerah Banyumas, cobalah untuk mencicipi satu dari sekian banyak kuliner khas Banyumas ini. Ditunggu pengalaman mencicipi kuliner dari Banyumas di kolom komentar dibawah ini ya. Selamat berburu kuliner khas Banyumas!

Leave A Reply

Your email address will not be published.

/* */