Surganya Wisata Indonesia

40 Daftar Makanan Khas Ambon untuk Kamu yang Hobby Kuliner

0

Sebelum menjelajah tempat wisata Ambon, baiknya kamu simak ulasan mengenai makanan khas Ambon berikut ini. Ambon merupakan satu dari sekian banyak wilayah Indonesia yang berada di wilayah timur dan kaya akan potensi alam. Wilayah yang masyarakatnya masih memegang hukum adat dengan teguh ini tetap mampu eksis tanpa tergerus era modernisasi. Tanah Ambon dengan segudang potensi alamnya akan mampu menyihir mata kita sehingga kita akan banyak bersyukur atas kekayaan alam yang dimiliki. Begitu juga dengan keberagaman sajian kuliner khas Ambon yang menggugah selera. Berikut ulasan mengenai sajian kuliner makanan khas Ambon yang wajib kamu coba ketika berkunjung ke Ambon manise.

Ikan Tuna Asap

Ikan_tuna_asap
Instagram by @c.a.amalia

Kuliner khas Ambon yang pertama ada ikan tuna asap yang dikenal juga dengan nama ikan cakalang asar. Cakalang adalah ikan tuna bersirip yang banyak ditemukan di daerah Ambon. Ikan tuna asap dimasak dengan cara diasapi memakai batok kelapa. Masakan ini lebih enak disantap bersama dengan sambal colo colo yang akan di bahas kemudian.

Sagu Serut

sagu_serut
sagu_serut

Ambon mempunyai makanan pokok berupa sagu. Makanan khas Ambon dari sagu salah satunya adalah sagu serut sejenis kue yang mirip dengan roti kecik dengan bentuk memanjang. Kue ini dibuat dari sagu yang dicampur dengan jahe atau kayu manis. Cita rasanya sangat enak dan dominasi rasa rempahnya sangat terasa.

Rujak Natsepa

rujak_natsepa
Instagram by @siannakaur

Rujak natsepa banyak dijual di sepanjang Pantai Natsepa yang terkenal. Meskipun dari tampilannya, rujak ini mirip dengan rujak rujak di daerah lainnya, namun ada sedikit perbedaan yang tidak kasar mata karena adanya irisan ubi jalar yang menjadi bahan campuran dalam rujak ini. Irisan ubi jalar tersebut disebut dengan petatas yang dicampur dengan cabai, kacang goreng, gula merah, dan juga asam.

Roti Kenari

roti_kenari
Instagram by @adrianilay

Makanan yang tahan lama ini dibuat dari roti tawa yang dibalut dengan kenari dan dicampur dengan gula merah. Campuran adonan tersebut kemudian dipanggang dalam oven yang menghasilkan sajian cemilan berjenis kue dengan rasa gurih dan manis yang menggoda.

Gogos

gogos
gogos

Makanan ringan yang namanya unik ini banyak dijual di pasar pasar tradisional yang ada di Ambon. Mirip dengan lemper Jawa, hanya saja gogos ini terbuat dari tumisan ikan yang dibungkus dengan daun dan dibakar.

Lemang

lomang_lemang
Instagram by @kimchiraymond

Lemang ini sering disebut sebut dalam film kartun upin ipin. Nah, di Ambon ada juga makanan lemang yang dimasak dengan cara dibakar. Berbahan dasar ketan dan santan kemudian dimasukkan ke dalam bambu yang dilapisi dengan daun pisang. Rasanya gurih dan mempunyai aroma yang harum khas bumbu Ambon.

Lempeng Sagu

lempeng_sagu
Instagram by @dita.fahrina

Makanan ringan khas Ambon selanjutnya adalah lempeng sagu. Lagi lagi sajian berbahan dasar sagu karena makanan pokok masyarakat Ambon adalah sagu. Lempeng sagu biasa disajikan bersama dengan segelas teh hangat atau secangkir kopi.

Kue Bagea

kue_bagea
kue_bagea

Oleh oleh makanan khas Ambon yang satu ini merupakan sajian kue kering yang dibuat dengan cara mirip dengan pembuatan kue sagu serut. Namun, tekstur kue bagea ini lebih keras dari kue sagu serut. Meskipun begitu, rasa gurihnya sangat nampol apalagi disantap bersama dengan segelas teh.

Sagu Bakar

sagu_bakar
Instagram by @meykerindengan

Sagu bakar dimasak dengan cara dibakar di atas bara api kemudian setelah matang dibubuhi lelehan gula merah di sepanjang permukaan sagu bakar yang siap disajikan. Tidak ada cara makan khusus untuk menikmati sagu bakar ini, namun sajian ini lebih nikmat jika disantap saat hangat.

Kunjungi :  20 Makanan Khas Madiun Jawa Timur Paling Endak dan Nagih Wisatawan

Kue Bobengka

kue_bobengka
Instagram by @jjnayoan07

Kue bobengka merupakan salah satu dari sekian banyak kue khas Ambon. Bahan untuk membuat kue bobengka terbuat dari gula aren, kelapa yang mengkal, air kelapa, kenari, santan, tepung ketan, adas bubuk, bubuk kayu manis, daun pisang dan margarin. Cara membuat kue ini dapat dengan mudah kamu temukan di internet dengan mesin pencarian google.

Halua Kenari

halua_kenari_enak
Instagram by @ajiira9

Selain memiliki kue kering dan basah, Ambon juga mempunyai jajanan tradisional yang bertekstur legit dan mirip enting enting dari Jawa. Kudapan ini bernama halua kenari. Jika enting enting dibuat dari kacang tanah, halua kenari dibuat dari kacang kenari yang banyak ditemukan di Ambon, Maluku. Sebenarnya asal muasal halua kenari masih simpang siur, namun banyak sekali yang menjajakan halua kenari ini di wilayah Ambon.

Dodol Durian

dodol_durian
Instagram by @eliz_willyam

Sebagai salah satu daerah penghasil durian berkualitas unggul, tentunya banyak masyarakat Ambon yang mengolah daging durian tersebut menjadi dodol durian. Makanan legit ini berbeda dari dodol yang banyak dijual di Pulau Jawa karena dalam bahan dasarnya ditambahkan sagu sebagai makanan pokok masyarakat Ambon. Kemudian produknya dibungkus dengan daun sagu sehingga menambah ciri khas dari dodol durian khas Ambon, Maluku.

Kopi Rarobang

kopi_rarobang
Instagram by @mengyit

Kopi khas Ambon yang masuk dalam varian kopi arabica ini diseduh dengan campuran jahe, serai, dan taburan kacang kenari. Kopi rarobong banyak dikonsumsi oleh para nelayan Ambon sebelum berlayar. Selain itu, masyarakat setempat juga doyan meminum kopi ini setelah bekerja. Apalagi setelah jaman semakin modern, banyak rumah kopi atau cafe yang menyediakan menu khas kopi Ambon bernama kopi rarobong ini.

Pisang Asar

pisang_asar
Instagram by @ratih_wicaksono

Makanan khas Ambon selanjutnya adalah pisang asar yang terbuat dari pisang raja. Tidak semua jenis pisang dapat dipakai untuk membuat sajian cemilan khas Ambon ini karena akan berpengaruh juga pada rasanya nanti. Cemilan ini biasanya disajikan sebagai teman minum kopi atau teh oleh masyarakat Ambon. Dinamakan pisang asar karena cara mengolahnya dengan dipanggang atau dalam bahasa Ambon disebut diasari dalam oven.

Pisang Gepe

pisang_gepe_ambon
Instagram by @williammasura

Satu lagi olahan pisang khas Ambon yang harus kamu coba. Pisang gepe atau pisang jepit ini mirip dengan pisang epek khas Makasar atau gedang plenet khas Semarang. Di Ambon, pisang gepe tidak hanya disiram dengan gula merah yang cair, namun juga diberi taburan remukan kacang tanah. Pisang gepe merupakan olahan pisang terenak yang menjadi makanan khas daerah Ambon.

Nasi Pulut Srikaya

nasi_pulut_srikaya
Instagram by @hendz_loves_foods

makanan khas Ambon manise yang satu ini terbuat dari ketan putih dan srikaya hijau yang diolah sedemikian rupa dan dijadikan pengganti sarapan oleh sebagian besar masyarakat Ambon. Nasi pulut srikaya ini selain enak juga mampu meredakan perut lapar setelah seharian berkeliling kota Ambon.

Pisang Coe

pisang_coe
Instagram by @hennylzebua

Pisang coe memiliki rasa manis dan gurih. Berbahan dasar pisang raja, santan, tepung terigu, dan juga kenari. Tekstur pisang coe mirip dengan kue talam, namun tambahan kacang kenari akan memberi ciri khas tersendiri yang membuatnya berbeda dengan sajian kuliner lainnya.

Palito Daun

palito_daun
Instagram by @veymaddan

Palito daun adalah sajian kue khas Ambon yang dibungkus dengan daun pisang berbentuk mangkok. Kue ini pada bagian atas mempunyai warna putih polos sedangkan di dalamnya terdapat lelehan gula merah yang sangat manis. Pelita daun biasa disajikan sebagai menu pembuka saat waktu buka puasa tiba.

Bubur Pisang Kenari

bubur_pisang
Instagram by @nurul_eini

Kudapan yang satu merupakan makanan yang paling sering disantap oleh masyarakat Ambon di pagi hari. Rasanya manis dan bisa membuat perut kenyang sering dijadikan menu pengganti sarapan. Tidak lupa tambahkan taburan kacang kenari sebelum menyantap bubur pisang ini.

Kunjungi :  28 Makanan Khas Jember yang Lezatnya Tiada Duanya dan Wajib Dicoba

Aer Goraka

aer_goraka
Instagram by @pandhana

Aer goraka yang dalam bahasa Indonesia dikenal sebagai air jahe ini biasa disajikan bersama dengan pisang goreng dan kacang tanah yang telah digoreng terlebih dahulu. Aer goraka sering disajikan pada sore atau malam hari terlebih ketika cuaca sedang mendung dan hujan.

Kue Namu Namu

kue_namu_namu
Instagram by @malukuvibes

Makanan khas Ambon Maluku selanjutnya adalah kue namu namu. Bentuknya mirip dengan kue panada yang berasal dari Manado. Kue namu namu berbahan dasar ikan cakalang yang dimasak dengan cita rasa pedas.

Pisang Rampai

pisang_rampai
pisang_rampai

Lagi lagi sajian khas Ambon yang berbahan dasar pisang yang dicampur dengan gula merah dan daun pandan, yaitu pisang rampai. Pisang rampai disajikan dengan tambahan taburan parutan kelapa di atasnya. Rasanya gurih, enak dan lezat. Selain enak, makanan ini juga mempunyai manfaat bagi tubuh karena berbahan dasar buah pisang.

Sagu Gula

sagu_gula_enak
Instagram by @siannakaur

Makanan khas Ambon sagu gula banyak dijajakan oleh pedagang makanan di Ambon. Hampir di setiap tempat wisata di Ambon akan kamu temukan sajian kuliner ini baik di Pantai Natsepa maupun Pantai Suli. Cara membuatnya hampir mirip dengan olahan sagu lainnya.

Kue Lapis Tidore atau Kue Keik Lapis Kacang

lapis_tidore
Instagram by @via_bauw

Lapis tidore atau kue keik lapis kacang ini tampilannya mirip dengan kue lapis khas Surabaya, hanya saja ditambah dengan olesan gula merah dan selai kacang. Kue ini banyak ditemukan di daerah Tidore.

Keladi Rebus atau Talas Rebus

keladi_rebus
Instagram by @cheknana.7610

Seperti namanya, kudapan ini dibuat dari keladi atau talas yang direbus. Kudapan ini dapat dijadikan pengganti nasi karena cukup membuat kenyang ketika disantap. Rasa keladi rebus atau talas rebus ini adalah tawar sehingga akan lebih enak jika dicocol dengan gula merah cair atau garam.

Sopi

sopi_ambon

Sopi berasal dari bahasa Belanda zoopje yang mempunyai arti alkohol cair. Meskipun minuman ini banyak disita karena illegal dan memabukkan, namun sopi masih tetap digemari oleh masyarakat Ambon dan bahkan sering disajikan dalam banyak upacara dan pesta adat Ambon. Sopi dibuat dari pohon aren yang banyak tumbuh di hutam Maluku.

Papeda

papeda_enak
Instagram by @rheeyaasahria

Makanan khas Ambon papeda pastinya sudah sangat terkneal. Teksturnya menyerupai bubur atau lem dan warnanya putih. Papeda ini tidak memiliki rasa alias hambar, sehingga biasanya dimakan bersama dengan kuah ikan kuning. Rasanya pasti akan menjadi semakin mantap.

Nasi Lapola

nasi_lapola
Instagram by @arieyogha

Makanan khas Ambon yang satu ini terbuat dari nasi. Wah ada juga ya makanan khas Ambon yang berbahan dasar nasi atau beras. Nasi ini ini kemudian dicampur dengan kacang tolo atau kacang kedele merah. Rasanya pulen dan gurih.

Nasi Kelapa

nasi_kelapa
Instagram by @imanuelfl

Nasi kelapa yang disantap dengan tambahan lauk pauk seperti telur asin, ikan asin, atau ikan bakar sambal colo colo merupakan sajian khas Ambon yang wajib kamu coba. Rasanya sangat lezat dan tentunya bisa membuat perut kenyang.

Ikan Komu Asar

ikan_komu_asar

Berbahan dasar ikan tongkol yang diasari atau diasapi membuat ikan komu asar menjadi sajian kuliner khas Ambon yang namanya cukup terkenal. Ikan ini dimasak dengan ditusuk bambu dan kemudian diasapi selama kurang lebih satu jam agar bumbunya meresap.

Ikan Kuah Pala

ikan_kuah
Instagram by @berna_dith

Ikan kuah pala mempunyai cita rasa asam pedas dan segar. Ikan kuah pala berasal dari Pulau Banda biasa dihidangkan dengan ikan bakar kakap merah, urap daun pepaya dan sambal bekasang. Rasanya nikmat!

Kunjungi :  32 Minuman dan Makanan Khas Tulungagung yang Wajib Kalian Cicipi

Sambal Colo Colo

sambal_colo_colo_ambon
Instagram by @lentorasurabaya

Makanan khas Ambon dan resepnya dapat kamu temukan dengan mudah di internet. nah, untuk sambal colo colo ini dibuat dari cabai rawit, bawang merah, tomat muda, dan daun seledri yang diberi taburan garam dan siraman perasan jeruk nipis. Sambal ini tidak diulek, melainkan disajikan begitu saja berupa irisan irisan bahan yang dicampur menjadi satu.

Kohu Kohu

kohu_kohu_enak
Instagram by @kenn.bewook

Kohu kohu ini mirip dengan urap Jawa. Terdiri dari sayuran mentah yang dicampur dengan bumbu urap dan ditambah ikan cakalang suwir serta perasan jeruk nipis. Tidak lupa tambahan parutan kelapa dan diaduk merata. Kohu kohu lebih nikmat disantap dengan ubi jalar, singkong, talas, maupun ikan rebus.

Nasi Kuning Batu Merah

nasi_kuning_enak
Instagram by @depotsendokgarpu

Kuliner ini sama dengan nasi kuning yang berasal dari Sidoarjo. Hanya saja ditambah dengan ikan rica-rica dan taburan serundeng.

Ampas Tarigu

ampas_tarigu
Instagram by @mei_ing74

Jenis roti rumahan ini biasa disajikan dengan teh disore hari. Adonan ampas tarigu beda dengan kue lainnya karena ada tambahan gula merah, kelapa parut atau kelapa cincang, dan bubuk kayu manis.

Sagu Woku Komo Komo

sagu_woku_komo_komo

Dari namanya, mirip dengan bahasa Jepang. Namun makanan asli daerah Ambon ini mempunyai rasa yang gurih dan teksturnya legit. Berbahan dasar sagu, sagu woku komo komo cocok disajikan bersama papeda. Terkadang ditambahkan juga jeroan ikan sehingga menambah keunikan dari sajian kuliner ini.

Asida

asida
Instagram by @roesdaleikawa

Makanan khas Ambon asida mempunyai rasa manis dan tekstur yang kenyal. Asida terbuat dari tepung terigu yang dicampur dengan gula merah, mentega, bubuk kayu manis, dan sedikit kapulaga. Makanan ini nikmat jika disantap bersama dengan segelas teh atau secangkir kopi. Asida juga banyak disajikan menjadi menu cemilan atau sarapan masyarakat Ambon. Asida akan banyak kamu temukan saat memasuki bulan Ramadhan.

Sinole

sinole

Cemilan khas Ambon bernama sinole ini terbuat dari tepung sagu yang diolah dengan parutan kelapa dan isian gula merah atau gula aren. Agar sedikit gurih, maka kudapan ini ditambah dengan garam. Sinole tampilannya mirip dengan roti dadar gulung yang berwarna putih kecoklatan dan ketika di makan akan terasa lelehan gula merah yang manis di mulut. Nama lain dari sinole adalah karu karu.

Sagu Tumbuk atau Paumido

sagu_tumbuk
Instagram by @fikanuriavi

Jajanan khas Ambon ini berbahan dasar sagu seperti namanya. Tepung sagu tersebut kemudian dicampur dengan gula merah dan kacang kenari. Cita rasanya renyah, gurih, dan juga manis. Sagu tumbuk ini banyak disajikan saat ada acara perayaan atau hari besar lainnya. Banyak anak anak yang memfavoritkan sagu tumbuk atau paumido ini.

Suami

kasuami
Instagram by @ramdan_rm04

Terakhir, ada makanan khas Ambon yang mempunyai nama unik. Makanan khas Ambon suami ini terbuat dari ubi yang diparut dan diperas airnya untuk kemudian dikukus. Suami disajikan dalam 3 macam varian, memakai gula, memakai kelapa setengah tua atau dengan gula cair. Jika disajikan tanpa memakai apa-apa, maka suami ini nikmat disantap bersama sambal colo colo. Suami banyak kamu temukan di pasar pasar tradisional yang ada di Ambon

Itulah beberapa jenis makanan khas Ambon yang berhasil dihimpun oleh tempatwisataindonesia.id dan bisa kamu pilih sebagai alternatif wisata kuliner selama berada di Ambon. Kamu bisa memilih satu satunya atau bahkan mencoba semua jenis kuliner tersebut. Untuk referensi sajian kuliner khas daerah lainnya, kamu bisa mampir ke beberapa artikel yang tersebar di internet. Semoga bermanfaat!

Leave A Reply

Your email address will not be published.

/* */