Surganya Wisata Indonesia

Obyek Wisata Jembangan Kebumen yang Eksotis

0

Jembangan Kebumen – Spot wisata baru di Kebumen yang wajib kalian kunjungi saat datang ke Kota “Beriman” ini adalah Wisata Kebumen Jembangan. Didirikan pada tahun 2011 oleh Bupati pada waktu itu yaitu Bapak H. Buyar Winarso, S.E. Wisata ini menjadi menyajikan keindahan telaga hijau yang disertai dengan megahnya jembatan gantung dengan perahu-perahu kecil yang ada disekitar danau menambah apiknya tempat ini. Ujung dari telaga ini berupa bendungan yang diberi nama Bendungan Pejengkolan.

Fasilitas, Alamat, dan Harga Tiket Masuk Wisata Jembangan Kebumen

Fasilitas, Alamat, dan Harga Tiket Masuk Wisata Jembangan Kebumen
Instagram by @wahyuretnaarini

Bendungan ini merupakan terusan dari pintu air Waduk Wadaslintang yang ada di Kabupaten Kebumen, lebih tepatnya pintu air Timur. Untuk berkeliling di telaga ini bisa menggunakan perahu yang disewa ke pengelola dermaga. Telaga yang ada memiliki air yang tenang dengan luas telaga 33,279 Ha, dan yang lebih memukau lagi tidak ada sampah disini. Sangat nyaman dan asri bukan?

Yang menjadi ikon dari Jembangan Wisata Kebumen adalah restoran apungnya dan jembatannya. Tapi tidak perlu khawatir, disini banyak wahaya yang bisa menjadi pilihan, diantaranya Jembangan Fantasy Zoo (kebun binatang Jembangan), sepeda air, zona outbound, kolam untuk memancing, wahana uji nyali, perahu bebek, perahu kora-kora dan wahana main anak seperti ayunan, perosotan, putaran dan lain sebagainya. Perahu yang disediakan ada dua macam yang pertama unit kecil dengan tenaga manusia (kayuh) dan unit besar berupa perahu berbentuk naga dengan tenaga mesin.

Fasilitas lain yang ditawarkan di tempat Wisata Jembangan Kebumen adalah tempat ibadah dan kamar mandi. Bahkan bagi pengunjung yang mungkin merasa lelah setelah mengelilingi lokasi. Disini disediakan gazebo yang letaknya ditepi telaga yang pastinya akan menghilangkan penat Anda. Disamping gazebo juga terdapat kios-kios makanan yang menjual makanan ringan, minuman dan souvenir.

Restoran Wisata Jembangan

Restoran Wisata Jembangan
Instagram by @fahirahikmah

Wisata Jembangan merupakan sebuah tempat wisata dengan banyak wahana yang menyertainya, yang paling menjadi favorite adalah restorannya yang terletak diatas indahnya danau. Restoran ini memiliki nuansa khas pemandangan alam yang biasa digunakan untuk bersantai atau sekedar menikmati keindahan alam disekitarnya. Bahkan tak jarang, tempat ini dijadikan sebagai spot fotografi dengan segala background yang ada. Karena gambar Wisata Jembangan Poncowarno dengan hiasan telaga hijau dan restoran yang asri menjadikan gambar tersendiri bagi para fotografer.

Untuk para kawula muda, biasanya digunakan sebagai tempat tongkrong yang mengasyikkan atau sekedar untuk mendapatkan foto wisata jembangan purworejo. Karena memang cocok untuk hal semacam itu. Tempatnya yang terawat dengan baik dan mulus menjadikan tempat ini recomended untuk suasana yang nyaman bahkan dalam kategori romantis. Banyak paket pilihan makanan yang disajikan di restoran ini.

Kunjungi :  Indahnya Wisata Baru Pantai Petanahan Kebumen yang Mempesona

Harga paket romantis dari harga Rp. 36.000,00 sampai Rp. 38.000,00 untuk dua orang. Paket nasi seharga Rp. 13.000,00 sampai Rp. 26.000,00. Nasi goreng dengan berbagai pilihan rasa Rp. 14.000,00 sampai Rp. 18.000,00. Sop buntut seharga Rp. 30.000,00 dan menu lainnya mulai dari Rp. 3000,00 sampai Rp. 24.000,00. Dan untuk minuman yang ada dibandrol dari harga Rp. 3.000,00 sampai Rp. 12.000,00. Murah bukan? Untuk pengunjung yang tidak ingin menunggu lama untuk reservasinya, bisa melakukan booking terlebih dahulu di nomor 0811248686 atau 085747219331.

Jembatan di Wisata Jembangan

Jembatan di Wisata Jembangan
Instagram by @l_angelinee

Selain itu, Wisata Jembangan juga terkenal dengan jembatannya yang berada disisi kanan dan kiri pintu masuk. Jembatan ini adalah Jembatan Waduk Pejengkolan dan Waduk Gantung. Keduanya terletak jauh dari kawasan utama lokasi wisata tapi tidak perlu khawatir. Untuk menikmati kemegahan jembatan yang ada, pengunjung bisa menuju jembatan dengan bantuan perahu yang dapat disewa ke pengelola. Dan jembatan-jembatan inimenjadi daya tarik tersendiri di tempat wisata Jembangan view.

Jembatan Gantung terletak di sebelah kiri pintu masuk wisata Jembangan wisata air Kebumen. Jembatan ini terbuat dari papan kayu yang ditata rapi dengan ujung penyangganya berupa beton dan merupakan golongan jembatan semi permanen. Sedangkan Jembatan Waduk pejengkolan terbuat dari beton dan beraspal dengan panjang 500 meter.

Alamat Jembangan wisata alam Kebumen dan Rute

Alamat Jembangan wisata alam Kebumen dan Rute
Instagram by @chintiaa_n

Objek Wisata Jembangan Kebumen terletak di Desa Jembangan, Kecamatan Poncoarno, Kabupaten Kebumen. Sudah jelas bukan mengapa diberi nama Wisata Jembangan? Karena letaknya berasa di Desa Jembangan. Lokasi ini termasuk dataran tinggi, dengan jarak dari Kota Kebumen sejauh 20 km. Untuk menuju lokasi harus melalui jalan yang berkelok-kelok dan cukup menanjak dengan akses yang sudah cukup baik dan lebar jalan yang tidak terlalu besar membuat pengunjung harus terus waspada.

Kunjungi :  Fasilitas Lengkap dan Jalan Menuju Pantai Teluk Biru di Banyuwangi

Anda harus menggunakan kendaraan pribadi jika ingin berkunjung ke Taman Wisata Jembangan Kebumen. Karena belum ada transportasi umum sampai ke lokasi. Sepanjang jalan menuju lokasi, akan disajikan berbagai keindahan alam yang tiada tara keindahannya. Sebut saja pemandangan bukit nan hijau, sepanjang kanan dan Penasaran bukan?

Untuk rute menuju Jembangan Wisata Alam Poncowarno Kebumen, jika pengunjung berasal dari arah Timur Kebumen seperti Magelang, Yogyakarta, Kutoarjo, Purworejo, Salatiga dan Semarang bisa mengambil arah Barat dengan tujuan Terminal Prembun. Sesampainya di terminal maju sedikit sampai lampu lalu lintas pertama ambil arah kanan dengan tujuan Prembun – Wadaslintang. Lurus saja sepanjang jalan tersebut, nanti akan memasuki Desa Kabuaran. Di kiri jalan sepanjang desa akan ditemukan petunjuk arah yang akan menunjukkan kita jalan ke lokasi Wisata Jembangan Kebumen. Dari situ nanti kita akan masuk sejauh 2 menit smpai lokasi.

Tiket Masuk ke Tempat Wisata Jembangan Kutowinangun

Tiket Masuk ke Tempat Wisata Jembangan Kutowinangun
Instagram by @fernandeznonot

Tiket masuk atau HTM Wisata Jembangan ini murah, hanya Rp. 3.000,00. Biaya parkir untuk roda 2 Rp. 2.000,00 dan roda empat Rp. 3.000,00. Untuk berkunjung ke tempat ini, pengunjung bisa datang mulai pukul 08.00 sampai 17.00 WIB. Khusus untuk restoran yang ada pesanan terakhir akan dilayani sampai pukul 22.00 WIB. Untuk perahu unit kecil pengunjung harus membayar Rp. 15.000,00 untuk 2 orang selama 30 menit. Begitupun perahu naga, dibandrol harga Rp. 15.000,00 untuk satu orang selama 30 menit. Dan untuk memudahkan, pengunjung bisa meminta peta Wisata Jembangan Kebumen di petugas yang berjaga.

Untuk yang mau menyewa bebek atau kora-kora cukup membayar Rp. 15.000,00 sampai Rp. 16.000,00. Sedangkan bagi yang mau menikmati keanekaragaman flora di Jembangan Fantasy Zoo dikenai biaya Rp. 5.000,00 untuk satu orang. Dan untuk wahana anak mulai dari Rp. 3.000,00 sampai Rp. 5.000,00. Dan untuk mengambil gambar Wisata Jembangan Kebumen tidak dipungut biaya alias gratis bagi pengunjung.

Kunjungi :  Sensasi Wahana Air Water Blaster Semarang yang Menakjubkan

Tempat Wisata di Kebumen Lainnya

Tempat Wisata di Kebumen Lainnya
Instagram by @greentrooper_

Selain Jembangan Kebumen wisata, Kebumen masih menyimpan wisata lain yang tak kalah menakjubkan, itu adalah Pantai Ayah, Pantai Karang Bolong dan Pentulu Indah. Pantai Ayah merupakan pantai dengan ombak besar yang merupakan ciri pantai di Laut Selatan, memiliki nama lain Logending. Pantai yang terletak di Desa Ayah, Ayah, Kebumen ini berada dikawasan hutan jati yang merupkan hutan jati jatu-satunya di Jawa Tengah. Dengan pemandangan bukit kapur yang indah, serta rimbunnya pepohonan jati dan hitamnya pasir membuat pantai ini memiliki ciri khas sendiri.

Berbeda dengan Pantai Ayah, Pantai Karang Bolong lebih menarik lagi, karena disini pasirnya lebih kelabu dan halus dengan ombaknya baliknya yang besar membuat tempat ini bahaya untuk berenang. Tetapi hal itu terbayarkan dengan keberadaan sebuah gua didekat pantai. Didalam gua tersebut banyak walet yang hidup, bahkan sarangnya menjadi incaran bagi banyak orang yang datang. Kalian pasti tahu bahwa harga sarang walet sangat tinggi, hal itu selaras dengan khasiatnya yang banyak. Letaknya di Desa Karangbolong, Kecamatan Buayan.

Satu lagi, setelah membahas pantai, alangkah lebih baiknya jika membahas daratan yang lebih hijau. Di Kebumen juga terdapat bukit yang hijau dengan pemandangan alam yang indah tak kalah dengan daerah pegunungan lainnya. Tempat ini bernama Bukit Pentulu Indah. Bukit yang berada di Desa Karangsambung ini juga biasa digunakan untuk menunggu sunset dan sunrise tiba. Bahkan banyak yang rela meginap untuk mendapatkannya. Sesuai keindahan yang ada. Semoga bermanfaat.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

/* */