Surganya Wisata Indonesia

Sejarah, Alamat dan Keindahan Caringin Tilu Bandung

1
Sejarah, Alamat dan Keindahan Caringin Tilu Bandung
Nilai Artikel Ini

Caringin Tilu Bandung – Masih di Kabupaten Bandung. Kabupaten yang kaya raya akan objek-objek cantik. Bisa diibaratkan, setiap sudut Bandung pasti memberi kesan tersendiri bagi warga Bandung sendiri maupun pendatang. Wisata alam memang lebih memukau. Saat ini, telah banyak dibuka tempat-tempat wisata terbuka di alam bebas yang mengusung tema modern. Tidak hanya mengajak wisatawan sebagai pecinta alam, namun juga memberi kesan yang tak terlupakan dengan adanya fasilitas-fasilitas tambahan yang menarik. Di beberapa kota, fasilitas yang sedang tren di kalangan pecinta swafoto adalah berfoto di atas ketinggian, menguji adrenalin dengan fasilitas atraksi, dan sebagainya. Luangkanlah waktu sejenak untuk berkunjung ke tempat-tempat seperti ini, agar pikiran selalu segar.

Saat Anda bertandang di Bandung, Anda bisa menikmati tempat rekreasi semacam ini. Yaitu di Caringin Tilu – Pegunungan Manglayang. Wisata ini mengajak Anda untuk menikmati hawa dingin pegunungan dengan berteduh di bawah gubuk-gubuk kecil yang tersedia. Meskipun sudah dibuka sejak tahun 2002 silam, namun masih ada saja warga atau masyarakat sekitar Bandung sendiri yang belum mengetahui wisata Caringin Tilu Bandung ini. Oleh karena itu, marilah ramaikan objek ini dengan mengunjungi dan mengambil foto untuk kemudian disebar di internet agar semakin banyak traveller yang tertarik. Sudah banyak bukan, aplikasi untuk tempat mengunggah foto. Yang mashur di kalangam netter adalah instagram. Jika terdengar asing, ada pula sebagian pengunjung yang menyebut nama lokasi ini dengan sebutan Cartil saja, yaitu singkatan dari Caringin Tilu.

Sejarah Caringin Tilu Lembang

Sejarah Caringin Tilu Lembang
by instagram @ernestine.math

Penamaan tempat ini tidak muncul begitu saja. Caringin Tilu merupakan kosa kata Bahasa Sunda yang jika diartikan, Caringin berarti pohon beringin, sedangkan Tilu berarti tiga. Tiga buah pohon beringin. Ya, di lokasi ini memang terdapat pohon beringin yang berjumlah tiga pohon. Satu pohon asli yang tumbuh sejak waktu lama, dan dua diantaranya adalah pohon baru yang ditanam oleh masyarakat. Pasalnya, ada keganjilan peristiwa tumbangnya dua pohon yang lain, yakni sebuah partai politik yang berlambangkan pohon beringin kalah dalam pemilu. Bertepatan dengan hal tersebut, pungkaslah dua pohon yang salah satunya tumbang karena kering.

Kunjungi :  Eksotisme Pulau Tersembunyi di Karimunjawa Jepara

Masyarakat bertekad kembali menanam atau menggantikan dua pohon beringin yang punah sebab, bila Anda melihat secara langsung maupun melalui peta Caringin Tilu Bandung, ada sebuah makam yang dikeramatkan dan dipercaya sebagai makam orang yang membabat alas wilayah ini. Bagi Anda warga Muslim, jangan lupa untuk berziarah di tempat tersebut. Sebagai tanda penghormatan karena telah memasuki lokasi ini.

Alamat Caringin Tilu Bukit Moko

Lokasi Caringin Tilu berada di Desa Cimenyan, Kampung Cisayur. Di samping Caringin Tilu itu sendiri, ada satu lagi lokasi yang menjadi favorit para pengunjung, Bukit Moko. Bukit ini adalah spot tertinggi di Cartil. Di sekeliling tempat ini, terdapat hutan pinus yang tumbuh subur. Semilir angin yang dilambaikan dari daun-daun mungil pinus ini menjadi kesegaran tersendiri. Anda juga akan dipamerkan bentangan alam hijau dengan berbagai gradasi warna yang sangat memanjakan mata. Perlu Anda ketahui, titik ini adalah lokasi tertinggi se-Kabupaten Bandung. Dari atas permukaan air laut, ketinggiannya mencapai 1.500 meter.

Jalan menuju lokasi cukup mudah dicari. Dari berbagai persimpangan, sudah ada penunjuk jalan yang selalu setia menemani Anda. Mudah saja. Bila Anda dari arah kota, carilah Jalan Padasuka yang bisa Anda capai dari arah terminal Cicaheum. Karena dekat dengan Terminal Cicaheum ini, banyak pula yang menyebut Cartil dengan Cartil Cicaheum. Jalur yang dilewati cukup menegangkan karena Anda harus melewati tanjakan-tanjakan dan jalan yang cukup berkelok-kelok. Jika kurang yakin dengan jalan yang Anda lalui, Anda dapat memanfaatkan Caringin Tilu Bandung map, agar lebih mantap. Siapkan kemampuan berkendara Anda. Jangan sampai lengah. Bila terasa lelah, Anda bisa istirahat sejenak untuk meregangkan otot-oto tubuh yang terasa kaku.

Menikmati Keindahan lokasi Caringin Tilu Bandung

Keindahan lokasi Caringin Tilu Bandung
by instagram @im_rojali
  • Wisata Kuliner
Kunjungi :  8 Tempat Makan Enak di Puncak Bogor untuk Keluarga

Ada banyak cara untuk bisa meresapi keelokan wisata di tempat ini. Pada waktu pertama kali dibuka, lokasi Caringin Tilu Cicaheum ini hanya ditempati oleh tiga penjaja makanan. Namun sekarang, Anda tidak perlu khawatir, semakin lama berjalannya waktu, pedagang yang mencari rizki di tempat ini semakin banyak. Kurang lebih terdapat 25 warung makan yang menyediakan beraneka menu dengan rasa yang sedap. Menyediakan waktu bersama dengan keluarga, sahabat, maupun rekan kerja diperlukan agar suasana semakin akrab.

  • Cartil Caringin Tilu Malam Hari

Selain menikmati kesejukan di siang hari, waktu lain yang direkomendasikan untuk Anda adalah pada malam hari. Tidak usah ditanya, Caringin Tilu ini dibuka sampai dengan malam hari. Anda tidak perlu membayar tiket tambahan sebab alamat Caringin Tilu Bandung ini tidak menerapkan biaya retribusi alias free atau gratis. Anda hanya akan diminta untuk membayar biaya parkir sebagai jaminan keamanan kendaraan. Pemandangan malam hari yang akan terlihat oleh mata Anda adalah lautan lampu yang tergelar megah. Di sanalah letak Kota Bandung. Kerlip lampu-lampu rumah maupun jalanan terlihat lebih terang dari sekedar bintang gemintang yang ada di langit. Karena keindahan malam inilah, Caringin Tilu juga mendapat sebutan Caringin Tilu Bukit Bintang. Seperti lokasi Bukit Bintang lainnya, suguhan alam dengan latar belakang malam yang gelap namun eksotis ini menjadi daya tarik lainnya, terutama bagi pasangan muda mudi.

Di samping pemandangan city light yang bisa Anda saksikan tiap malam, lokasi ini juga menjadi spot yang paling disukai oleh warga ketika malam tahun baru. Anda bisa menyaksikan pesta kembang api dengan banyak sekali jenis dan jumlah. Cipratan bunga-bunga api yang memecah malam menjadi kesan tersendiri bagi wisatawan. Malam tahun baru adalah malam yang spesial. Biasanya, pengunjung menghabiskan waktu di tempat ini sampai dengan pukul satu malam. Nah, sudah bosan dengan lokasi perayaan tahun baru yang itu-itu saja? Anda bisa mencoba Caringin Tilu.

Kunjungi :  Curug Cigamea Bogor, Wisata Air Terjun yang Eksotik
  • Dapur Caringin Tilu

Selain mencicipi kuliner-kuliner yang tersedia di lokasi Caringin Tilu, Anda bisa mencoba tempat nongkrong yang satu ini dengan berbagai varian menu yang berbeda. Caringin Tilu Cafe ini juga dikenal dengan nama Kafe Bata Merah. Jika mencari lokasi rumah makan yang satu ini Anda kesulitan, Anda bisa menggunakan istilah Kafe Bata Merah tersebut. Dari luar saja, sudah bisa diterka mengapa mendapat sebutan lain tersebut. Tidak lain karena memang bangunan yang ada secara keseluruhan dibangun dengan konsep bangunan bata merah. Anda sudah bisa membayangkan ya.

Caringin Tilu Bandung
by instagram @ukay_taufikmunandar

Untuk lebih menghemat tenaga dan waktu, jika ingin berkunjung ke banyak tempat wisata di Bandung, Anda bisa memanfaatkan paket wisata yang disediakan oleh agen-agen wisata yang mengadakan touring ke Kabupaten Bandung. Atau jika Anda ingin wisata secara mandiri, Anda dapat bertandang ke tiga tempat wisata lain yang juga dekat dengan Caringin Tilu. Teropong Bintang Bosscha, Kampung Gajah, dan Dusun Bambu Lembang Bandung. Persiapkan tenaga ekstra dan manfaatkan waktu libur untuk menginjakkan kaki di Bandung. Salam Traveller!

1 Comment
  1. kris says

    kapan2 main ke sini ah

Leave A Reply

Your email address will not be published.

/* */