Surganya Wisata Indonesia

Sejarah dan Rute Menuju Bukit Jamur Gresik Jawa Timur

0

Wisata Bukit Jamur Gresik merupakan sebuah tempat wisata alam yang terbentuk secara alamiah karena peristiwa alam. Disebut Bukit Jamur karena memang jika terlihat dari jauh, tempat ini terlihat seperti sekumpulan tumbuhan jamur yang berada di tepi persawahan. Selain itu, batu-batu tersebut juga memang membentuk jamur dengan bagian atasnya berbentuk seperti payung jamur dan bagian bawahnya yang berukuran lebih kecil seolah-olah sebagai batang jamur.

Bukit Jamur di Gresik ini menjadi sorotan berkat unggahan foto-foto netizen yang berkunjung ke tempat ini. Di samping itu, Bukit Jamur bungah Gresik ini tayang perdana di layar kaca berkat acara my trip my adventure Bukit Jamur Gresik di salah satu stasiun swasta. Pesona tempat ini menjadi mekar berkat acara tersebut.

Foto Bukit Jamur Gresik
by instagram @poppyagnesia

Tempat wisata di Gresik Bukit Jamur ini nampak seperti canyon yang ada di semarang, jawa tengah. Yakni berwarna coklat seperti lumpur kering. Uniknya, payung jamur di batu ini berwarna kehitaman. Menambah kesan seperti tumbuhan jamur sebenarnya. Bentuknya bermacam-macam. Ada yang berdiri tunggal dengan tinggi hingga 7 meter, ada yang setinggi badan manusia, ada yang bergerumul, bercabang, dan sebagainya. Sungguh menakjubkan. Bukit Jamur Gresik my trip my adventure ini terjadi secara alami dan sempurna. Jangan lupa membawa kamera atau drone. Keindahan alam ini sangat sayang jika dilewatkan begitu saja. Anda bisa berfoto dari sudut manapun yang Anda mau.

Lokasi Bukit Jamur Gresik Jawa Timur ini menjadi lokasi terbesar di Indonesia, setelah sebelumnya, tempat seperti ini juga pernah ditemukan di kalimantan. Aktivitas proyek masih berjalan di bukit ini. Sehingga, jam buka Bukit Jamur Gresik ini hanya pada hari Minggu saja. Jika hari-hari biasa dibuka, ditakutkan lalu lalang pengunjung yang datang akan mengganggu para pekerja. Sebagai informasi saja ya, sebab calon wisatawan yang menanyakan Bukit Jamur Gresik buka hari apa?

Kunjungi :  41 Tempat Wisata di Banten yang Wajib Dikunjungi Wisatawan
Bukit Jamur di Gresik
by instagram @yunidodo

Tiket masuk Bukit Jamur Gresik hanya Rp. 3.000 untuk pengendara sepeda motor dan Rp. 7.500 untuk pengendara kendaraan roda 4. Harga tiket di atas bisa berubah-ubah sewaktu-waktu dan bisa saja tanpa pemberitahuan. Area parkir Bukit Jamur ini cukup luas. Anda bisa memarkirkan kendaraan Anda di tempat tersebut. Tempat parkir dijaga oleh petugas. Sehingga jangan khawatir tentang keamanan kendaraan Anda. Anda bisa berkunjung pada jam buka Bukit Jamur Gresik, yakni mulai pukul 6 pagi dan ditutup pada pukul 5 sore. Jadi, tulis obyek wisata Gresik ini menjadi salah satu destinasi wisata Anda selanjutnya ya.

Ketika Anda turun, Anda akan disuguhkan pemandangan unik berupa jalan pendek berkelok dengan pemukiman jamur nan jauh di sana. Anda seperti berada di negeri kartun dengan perkampungan mini di tengah hijaunya tumbuhan padi. Rumput-rumput kecil seperti menyambut kedatangan Anda ke bukit ini. Meski terletak di lingkungan yang cukup subur, namun, cuaca atau hawa yang ada di Bukit Jamur terasa panas. Oleh karena itu, ketika Anda hendak berwisata ke tempat unik ini, sebaiknya jangan lupa untuk membawa payung, topi, atau peralatan lain untuk menutup kepala.

Sejarah Bukit Jamur Gresik

Sejarah Bukit Jamur Gresik
by instagram @azizzalrm

Sebelum terbentuk seperti sekarang, tempat Bukit Jamur ini dahulu merupakan lahan galian penambangan batu kapur. Seiring berjalannya waktu, terjadilah fenomena mushroom rock, yaitu perubahan bentuk dari tanah bebatuan yang menyerupai jamur. Asal usul Bukit Jamur Gresik dimulai dari sini.

Tanah yang membatu seperti pada lokasi ini memiliki tingkat kepadatan yang berbeda-beda. Pada kasus mushroom rock ini, batu yang berada di puncak lebih kokoh, sehingga volumenya tidak mudah berubah. Sedangkan lapisan di bawahnya, memiliki sifat yang rapuh sehingga mudah terbawa angin. Hal ini berlangsung dalam kurun waktu yang cukup lama. Oleh sebab itu, muncullah fenomena Bukit Jamur Gresik ini.

Kunjungi :  9 Oleh Oleh Khas Padang Wajib Diburu Wisatawan

Rute Bukit Jamur Gresik Bungah

Lokasi Bukit Jamur ini terletak di Desa Bungah, Kecamatan Bungah, Kabupaten Gresik, provinsi Jawa Timur. Ada dua jalur keberangkatan yang bisa Anda ikuti.

Pertama adalah rute dari dalam kota, yaitu Gresik. Jika Anda berada di Gresik, langsung saja Anda arahkan kendaraan menuju desa bungah. Kemudian petunjuk selanjutnya adalah area tambang perbukitan kapur. Anda bisa ikuti jalan menuju tempat tersebut dan Anda bisa mendapati wisata Bukit Jamur di sebelah kanan.

Rute Bukit Jamur Gresik Bungah
by instagram @gita_trinovanda_yulistya

Kedua adalah jalan menuju Bukit Jamur Gresik dari surabaya. Bila Anda berangkat dari surabaya, Anda hanya perlu mengambil jalur yang menuju ke arah kabupaten Tuban. Patokan Anda yakni sport center tiga putra. Di depan sport center ini terdapat jalan menuju ke arah kiri. Belok ke jalan tersebut, jalan lurus, dan Bukit Jamur berada di sebelah kanan Anda.

Cukup mudah bukan, rute yang bisa Anda tempuh? Nah setelah berpanas-panas ria di Bukit Jamur ini, tidak ada salahnya, Anda berkunjung ke Pantai Delegan dan Pulau Bawean untuk sejenak kembali menyegarkan hawa panas yang ada.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

/* */