Surganya Wisata Indonesia

Spot Foto Kekinian di Benteng Van Der Wijck Kebumen

0

Benteng Van Der Wijck Kebumen – Kota Kebumen yang memiliki slogan “BERIMAN” ini memiliki banyak wisata alam yang memukau, disertai dengan budaya dan sejarah yang ada. Kota ini menyimpan misteri ganasnya kehidupan jaman penjajahan dahulu, dengan segala mitos dan cerita mistisnya. Salah satu bangunan yang menjadi saksi bisu kehidupan yang masih kokoh berdiri adalah Benteng Van Der Wijck. Benteng pertahanan pasukan Hindia Belanda ini berdiri sejak abad ke 18, lebih tepatnya tahun 1818. Sejarah Benteng Van Der Wijck Gombong, bangunan beteng sebenarnya bekas kantor VOC yang kala itu membentuk suatu kongsi dagang dengan pusat pelaksanaan di Gombong guna persiapan melawan pasukan dari Kesultanan Yogyakarta.

Sejarah, Lokasi, Harga Tiket Masuk dan Misteri Wisata Benteng Van Der Wijck Kebumen

Sejarah, Lokasi, Harga Tiket Masuk dan Misteri Wisata Benteng Van Der Wijck Kebumen
Instagram by @yogarg

Proses pembangunan memakan waktu 4 tahun dengan segala fasilitas yang ada. Pada awalnya benteng ini bernama Fort General Cochius yang diambil dari nama jendral yang memimpin Perang Diponegoro pada tahun 1825 sampai tahun 1830. Namun pada tahun 1856, namanya berubah menjadi Phillenschool, karena fungsinya sudah berubah menjadi sekolah taruna militer. Sekolah ini dikhususkan bagi anak-anak dari bangsa Eropa yang lahir di Indonesia. Hingga akhirnya, benteng ini dikembalikan diubah namanya menjadi Benteng Van Der Wijck hingga sekarang tidak diubah kembali. Alasan penamaan tersebut karena untuk menghormati jasa Van Der Wijck dalam bidang kemiliteran.

Lokasi Benteng Van Der Wijck Kabupaten Kebumen Jawa Tengah Indonesia

Lokasi benteng ini terletak di Jl. Sapta Marga Gombong Kebumen, dengan petunjuk arah yang ada dan letaknya yang strategis membuat pengunjung dapat mencapai lokasi dengan mudah. Lokasi ini berada kurang lebih 4 km dari arah Utara kota Gombong, apabila dari Karanganyar merupakan arah Barat dengan jarak tempuh 18 km. Dan 35 km dari arah Barat kota Kebumen. Jika berasal dari Magelang jarak yang harus ditempuh kurang lebih 100 km.

Berbeda dengan benteng pada umumnya, Benteng Van Der Wijck ini berbentuk segi 8 dengan bahan dasar pembuat batu bata merah menyala, sehingga membuat pandangan tertuju pada bangunan benteng saja. Lihatlah foto Benteng Van Der Wijck di Kebumen ini. Tahukah Anda bahwa benteng yang berbentuk segi 8 ini hanya ada 2 didunia, di Australia dan di Kebumen yaitu Benteng Van Der Wijck itu sendiri. Selain bentuknya yang unik, benteng ini juga dilengkapi dengan segala fasilitas yang mendukung untuk kenyamanan pada pengunjung selama dilokasi. Mulai dari taman bermain anak, Kamar Mandi, kincir putar, perahu angsa, kolam renang, bola air, mobil-mobilan, warung makan, bahkan ada pula kereta ini yang bisa digunakan untuk berkeliling benteng.

Kunjungi :  Pesona Taman Wisata Bendungan Waduk Selorejo Malang

Benteng Van Der Wijck terdiri dari dua lantai, dilantai pertama ini kita bisa melihat kamar-kamar yang biasa digunakan sebagai barak, disini terdapat 4 pintu masuk dengan 16 kamar yang memiliki total jendela 72 buah dan 63 pintu penghubung dan tentunya pintu keluar. Sedangkan diantai 2 pengunjung bisa menjumpai 16 kamar dengan lebih banyak jendela yaitu 84 buah dan 70 pintu penghubung. Dari hal tersebut dapat dipastikan Anda harus berhati-hari agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

Lokasi Benteng Van Der Wijck Kabupaten Kebumen Jawa Tengah Indonesia
Instagram by @imam.farniawan

Luas Benteng Van Der Wijck adalah 3.607 meter persegi dengan tinggi 9,67 meter dan tinggi cerobong 3,33meter. Luas permukaan keseluruhan dari benteng mencapai 7.168 meter persegi dengan tebal dinding sekitar 1,4 meter. dan satu lagi, untuk ukuran kamar (barak) masing-masing seluas 7,5 x 11,32 meter. Benteng ini terletak di ketinggian 132,7 sampai 135 mdpl. Dengan keunikan dan yang ada, hingga saat ini belum ada yang tahu persis sisapa arsitek yang yang membuatnya. Benteng ini dibangun dengan taktik stelsel dimana pembangunan dilokasi yang sudah dikuasai.

Saat ini Benteng Van Der Wijck dijadikan sebagai tempat wisata sekaligus sekolah bagi calon Tamtama dan barak militer untuk TNI AD, disini juga menyediakan kamar sebagai hotel, pos jaga, kantor, Gedung Serbaguna dengan segala fasilitas seperti yang telah disebutkan diatas. Dan ada satu ruangan khusus yang berisi foto pada jaman dahulu saat penjajahan, muali dari Benteng Van Der Wijck sebelum pemugaran dan sesudah dilakukan pemugaran. Disini pengunjung dapat menambah wawasannya. Sebagai icon Benteng Van Der Wijck, dibangunlah sebuah patung Dinosaurus Raksasa didepan benteng.

Harga Tiket Masuk Benteng Van Der Wijck Kebumen

Harga Tiket Masuk Benteng Van Der Wijck Kebumen
Instagram by @fristiantiaa

Untuk tiket masuk Benteng Van Der Wijck Gombong,pengunjung hanya perlu mengeluarkan biaya sebesar Rp. 25.000,00. Dengan biaya tersebut, pengunjung sudah bisa melihat kedalam benteng sampai puas. Apabila merasa lelah saat perjalanan mengelilingi benteng, ada pilihan lain yang bisa menjadi alternaif, yaitu menggunakan kereta mini. Kereta ini digunakan sebagai alat transportasi untuk mengelilingi benteng, cukup dengan Rp. 5.000,00 pengunjung bisa mengelilingi benteng selama 15 menit. Sangat membantu bukan?

Kunjungi :  60 Tempat Nongkrong Asik di Semarang yang Bagus

Jika ingin merasakan sensasi lainnya, Anda bisa menginap di benteng ini, lebih tepatnya dikamar-kamar yang dijadikan barak pada waktu itu. Disini akan terasa bagaimana suasana benteng sesungguhnya, dan untuk menikmatinya cukup membayar Rp. 150.000,00 sampai Rp. 200.000,00 untuk satu kamar selama satu malam. Anda tertarik untuk mencobanya? Daripada menginap di Kota buaknkah lebih baik mencoba menginap di Benteng Van Der Wijck?

Benteng Van Der Wijck The Raid 2

Benteng Van Der Wijck The Raid 2
Instagram by @kebumenzone

Karena keunikan yang ditawarkan dan keasrian yang ada menjadikan Benteng Van Der Wijck menjadi salah satu tempat syuting film The Raid 2 yang berjudul Berandal. Film ini bahkan sangat sukses dan merajai berbagai bioskop di dalam negeri. Tidak hanya sebatas itu, 3 nominasipun didapatkan untuk film yang satu ini. Dalam beberapa adegan filmnya, dengan jelas menggambarkan keadaan dan sisi lain benteng yang kokoh dan sangar. Film ini menjelaskan seorang polisi yang berusaha memusnahkan dan menangkap sindikat penjahat yang meraja lela.

Saat adegan pertarungan di Benteng Van Der Wijck dilakukan di penjara yang merupakan kamar yang kini dijadikan barak. Kemudian dilanjutkan pertarungan di lapangan tengah benteng, disini diceritakan pertarungan dalam kondisi hujan dengan bermandikan lumpur, dalam adegan ini melibatkan banyak pemain pendukung. Setelah kemunculan Benteng Van Der Wijck dalam film The Raid 2, menjadikan pengunjung semakin banyak dan tiap harinya bertambah. Pengunjung yang datang kebanyakan foto ditempat yang dijadikan lokasi syuting.

Misteri Benteng Van Der Wijck Kabupaten Kebumen Jawa Tengah 54416

Misteri Benteng Van Der Wijck Kabupaten Kebumen Jawa Tengah 54416
Instagram by @vionabellabestari

Banyak yang merasakan hawa mistis saat berada di Benteng Van Der Wijck ini. Entah apa maksudnya tetapi di papan pengumuman yang terletak sebelum pintu masuk bertuliskan “Berdo’a dahulu sebelum masuk, dengan keyakinan masing-masing”. Menurut penuturan salah seorang pengunjung, saat itu dia melihat seorang wanita tua yang memakai pakaian serba putih tetapi dengan wajah yang penuh darah. Selain itu juga ada sekumpulan anak-anak yang berwajah penuh darah juga didekat pohon di area benteng. Ada atau tidaknya hubungan antara penampakan yang terlihat dengan himbauan di papan pengumumna. Sebagai warga yang baik kita harus menaati peraturan yang ada.

Kunjungi :  41 Tempat Wisata di Majalengka Paling Hits

Sejarah yang ditawarkan Benteng Van Der Wijck memang menggiurkan, hal itu tak kalah dengan keindahan Goa Jatijajar. Goa ini terletak di Jl. Jatijajar, Jatijajar, Ayah, Kebumen. Didalam gua ini terdapat banyak deorama dan sungai yang dipercaya memiliki khasiat khusus. Selain itu keindahan stalagtit dan stalagmit yang ada pasti akan memukau siapapun yang datang. Tak diragukan lagi bahwa Goa Jatijajar merupakan gua terindah di Kebumen.

Selain Goa Jatijajar , kebumen juga memiliki waduk yang diberi nama Waduk Sempor. Diberinama seperti itu karena letaknya di Desa Sempor, Kecamatan Sempor, Kabupaten Kebumen. Waduk ini menjadi salah satu sumber kehidupan warga sekitar dengan digunakannya untuk irigasi selain memang digunakan untuk objek wisata. Disekeliling waduk terdapat ribuan pohon pinus, hal itu yang menyebabkan udara disekitar waduk terasa begitu segar dan sejuk. Dan bagi pecinta matahari, tak ada salahnya untuk mencoba melihat keindahan sunrise dari tempat ini.

Masih dengan tempat wisata kebumen, ada Pantai Menganti yang disebut sebgai pantai terbaik di Kebumen. Pantai ini menyajikan hamparan karang yang kokoh terkena hantaman ombak dengan pasirnya putihnya yang menambah eksistensi pantai ini. Disini selain sebagai objek wisata juga digunakan sebagai Tempat pelelangan Ikan, jadi jangan heran jika Anda berkunjung dan menemukan banyak kapal nelayan yang berjejer rapi dengan hasil laut yang melimpah. Banyaknya pohon kelapa yang tumbuh menjadikan suasana sejuk dan indah. Seklias info, terima kasih.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

/* */