Surganya Wisata Indonesia

Fasilitas dan Harga Tiket Masuk Air Terjun Dolo Kediri Jawa Timur

0

Air Terjun Dolo Kediri – Provinsi jawa timur memiliki banyak sekali potensi wisata yang bisa dikembangkan dan dimanfaatkan. Salah satunya adalah di Kediri jawa timur. Ada beberapa wisata di kediri yang harus Anda datangi ketika berada di kota yang mashur dengan julukan kota tahu ini. Kediri Waterpark, Gumul Paradise Island, Kampung Inggris Kediri, dan berikut yang akan diulas adalah air terjun di Kediri Jawa Timur.

Air terjun Dolo Kediri Jawa Timur merupakan tempat wisata alam di Kediri yang berada di dusun besuki, desa jugo, kecamatan mojo, kabupaten Kediri,Jawa Timur. Air terjun Dolo Besuki Kediri ini berlokasi di lereng gunung, yaitu gunung wilis. Gunung ini memiliki ketinggian 2.850 meter di atas permukaan laut. Letak air terjun Dolo yang berada di pegunungan membuat tempat wisata ini memiliki suhu yang amat dingin, bahkan ketika cuaca memburuk, wilayah ini akan tertutup oleh kabut. Tentu saja cuaca dingin dan suhu air yang dingin, akan bertambah dingin ketika kabut mulai datang.

Air terjun dolo kediri jawa timur
Instagram by @arekhitskediri

Namun, ketika cuaca cerah, pemandangan yang eksotis akan terlihat di lokasi ini. Suara gemuruh air, dengan aliran airnya, ditemani pohon-pohon yang menjulang, akan menambah kesan sejuk khas pegunungan. Hal ini didukung dengan keberadaan air terjun Dolo yang terletak di tengah-tengah lereng gunung wilis, atau berada kurang lebih 1.800 meter di atas permukaan laut.

Air terjun Dolo di Kediri memiliki ketinggian total 125 meter. Bentuknya berundak dengan curahan air tertinggi adalah 90 meter. Kemudian, undakan dibawahnya memiliki tinggi 2 hingga 5 meter. Titik paling menarik untuk mengambil gambar adalah pada bagian bawah air terjun. Anda bisa mengambil foto dari sudut ini. Anda akan terlihat seolah-olah berada di samping air terjun. Keindahan air terjun yang memikat ini sama sekali tak diusik dengan mitos air terjun dolo yang katanya menyeramkan.

Kunjungi :  45 Tempat Wisata Terbaik di Jember dan Sekitarnya

Wisata air terjun Dolo Kediri ini memiliki banyak tempat yang bisa Anda jadikan alternatif kegiatan selain berada di air terjun. Karena berada di kawasan pegunungan, tempat ini dihiasi dengan suburnya tanaman yang tumbuh. Terutama tanaman bunga-bungaan.

Sejarah air terjun dolo kediri
Instagram by @himmanadiva26

Tidak jauh dari air terjun Dolo ini, terdapat satu lagi air terjun yang menjadi tujuan wisata pengunjung, yakni air terjun irenggolo. Wisatawan biasa mengunjungi tempat wisata Kediri air terjun Dolo dan irenggolo secara berurutan dalam satu kali perjalanan.

Sejarah air terjun Dolo Kediri Jawa Timur ini sudah ada sejak berabad-abad lalu, tepatnya pada zaman kewalian. Ada fenomena tidak biasa. Yaitu ada benda yang bisa terlihat dengan mata, namun tiba-tiba menghilang. Jadi, benda aneh ini kadang-kadang terlihat dan kadangkala menghilang. Benda itu tergantung di atas pohon di samping air terjun. Itulah legenda air terjun Dolo Kediri yang lekat di masyarakat hingga sekarang.

Dolo, dalam bahasa setempat berarti menggantung. Benda aneh yang menggantung itulah yang menjadi asal nama air terjun ini. Cerita itu pula yang menjadi asal usul air terjun Dolo Kediri.

Fasilitas Air Terjun Dolo Kediri

Meskipun masih alami, air terjun Dolo ini sudah menyediakan fasilitas yang lengkap bagi Anda, seperti toilet umum dan musholla. Anda juga bisa beristirahat di kedai-kedai makanan yang berjualan di sekitar lokasi wisata. Disamping itu, terdapat fasilitas penunjang yang dapat Anda gunakan untuk menunjang kegiatan Anda selama berada di tempat ini. Fasilitas tersebut antara lain :

  • Jogging Track atau jalan khusus untuk lari pagi

Anda bisa memanfaatkan jalan ini ketika Anda hendak berolahraga lari. Udara dan air pegunungan yang dingin akan turut serta menemani Anda. Meski begitu, melakukan jogging di area air terjun akan menjadi sensasi tersendiri bagi Anda dan keluarga.

Kunjungi :  Primadona Baru Pantai Srau Pacitan Jawa Timur
  • Hiking Area

Bagi Anda penggemar aktivitas hiking, jangan lupa untuk singgah di tempat ini. Anda akan dimanjakan dengan pemandangan yang memukau selama perjalanan. Letak air terjun Dolo yang berada di pegunungan menjadi tempat yang pas bagi Anda pecinta hiking

  • Taman Bermain

Anda yang datang ke air terjun dengan mengajak serta sang buah hati, jangan khawatir akan aktivitas yang bisa mereka lakukan. Air terjun Dolo menyediakan fasilitas playground yang bisa membantu si kecil mengisi kegiatan menyenangkan bagi mereka. Anda juga bisa turut serta mengawasi mereka dalam arena permainan.

  • Area Perkemahan

Terdapat camping area yang cukup luas di tempat ini. Bagi Anda yang hendak menghabiskan malam di air terjun, Anda bisa mendirikan tenda di tempat ini. Tempat ini cocok juga digunakan sebagai area outbond. Anda yang datang berkunjung bersama rombongan dan menyewa tempat ini sebagai tempat berkemah, Anda sekaligus bisa memanfaatkannya sebagai tempat melakukan kegiatan outdoor, seperti berkumpul, berolahraga bersama, melakukan permainan, dan lain sebagainya.

  • Berkebun

Tak jauh dari lokasi, terdapat kebun buatan yang di dalamnya tumbuh tanaman seperti sayur-sayuran dan buah stroberi. Anda bisa membeli buah stroberi sebagai oleh-oleh. Atau Anda juga dapat memetik sendiri buah stroberi yang sudah matang dan ingin dibeli.

Jika Anda ingin berwisata ke air terjun ini, rute air terjun Dolo sangat mudah dijangkau oleh kendaraan. Anda hanya perlu menghentikan kendaraan di dusun besuki, dan memarkir kendaraan di sana.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Dolo

Air Terjun Dolo
Instagram by @uusxmuh

Tiket masuk air terjun Dolo Keidri sudah termasuk biaya parkir kendaraan yaitu sebesar Rp.3.000. Setelah menitipkan kendaraan, Anda harus berjalan kaki kurang lebih 500 meter dan lulus melewati jumlah anak tangga air terjun Dolo yang terhitung ratusan bahkan ribuan. Anda akan dilihatkan pemandangan jalan naik yang sangat indah. Tangga naik ini sudah dibangun sedemikian rapi dan nyaman dengan pegangan tangan di sepanjang jalannya.

Kunjungi :  39 Tempat Wisata di Garut Jawa Barat Paling Terkenal

Itulah deskripsi tentang air terjun Dolo. Semoga bisa membantu Anda dalam mencari referensi untuk mencari tahu tentang keadaan lokasi air terjun dan fasilitas yang ada di dalamnya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

/* */